NEWS

Gandeng Rusia, KKP Kerja Sama Sektor Perikanan

Rusia membutuhkan pasokan udang dan rumput laut.

Gandeng Rusia, KKP Kerja Sama Sektor PerikananSekjen KKP, Antam Novambar dan Russian Federal Agency For Fisheries, Ilya Shestakov, di Saint Petersburg. (dok.KKP)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

26 September 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkuat  kerja sama perdagangan untuk produk perikanan dengan Rusia. Strategi ini untuk meningkatkan nilai ekspor perikanan Indonesia ke negara tersebut.

 “Indonesia memiliki komoditas perikanan unggulan yang dapat mengisi kebutuhan pasar perikanan Rusia seperti udang dan rumput laut,” ujar Sekretaris Jenderal KKP, Antam Novambar, seperti dikutip dari keterangan di laman resmi KKP, Senin (26/9).

Menurut Antam, udang dan rumput laut adalah beberapa di antara sekian banyak komoditas unggulan kelautan Indonesia yang memiliki potensi besar untuk mendukung kinerja ekspor negara. Dalam beberapa tahun terakhir, Rusia pun menjadi salah satu negara importir yang potensial untuk produk perikanan Indonesia.

Kunjungan ke unit pengolahan ikan

Kunjungan delegasi KKP Indonesia, ke salah satu unit pengolahan ikan di Rusia.Kunjungan delegasi KKP Indonesia, ke salah satu unit pengolahan ikan di Rusia. (dok. KKP)

Untuk makin mengoptimalkan penguatan kerja sama perdagangan ini, delegasi Indonesia pun menyempatkan untuk berkunjung ke salah satu unit pengolahan ikan, yang memproduksi olehan ikan dan rumput laut.

Plt. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Ishartini, berharap kunjungan tersebut akan semakin memperjelas potensi kerja sama yang bisa terbangun dengan pihak Rusia. “Kami akan fasilitasi penjajakan peluang ekspor produk perikanan Indonesia yang dibutuhkan oleh industri perikanan Rusia,” katanya.

Teknologi pengawasan perikanan

Puluhan perahu nelayan bersandar di sungai kawasan Cemandi, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (6/9).Puluhan perahu nelayan bersandar di sungai kawasan Cemandi, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (6/9). (ANTARAFOTO/Umarul Faruq)

Related Topics