Comscore Tracker
NEWS

Kunjungan Wisata di Kawasan Puncak Meningkat Meski Belum Signifikan

Prokes dan vaksinasi tetap diutamakan.

Kunjungan Wisata di Kawasan Puncak Meningkat Meski Belum SignifikanSejumlah kendaraan memadati Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5). (ANTARAFOTO/Arif Firmansyah)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Meski baru beberapa persen dari tingkat kunjungan libur akhir pekan, jumlah kunjungan di beberapa tujuan wisata kawasan Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, mengalami kenaikan.

Salah satu laporan datang dari Kebun Raya Cibodas (KRC) yang baru mengalami peningkatan pengunjung hingga 10 persen dibandingkan hari libur akhir pekan. “Peningkatannya belum signifikan karena antrean panjang dari Bogor membuat wisatawan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai wilayah Cianjur. Hari ini tercatat baru 1.500 pengunjung yang masuk KRC, didominasi wisatawan lokal,” ujar Manager On Duty KRC, Dodi Kuswara, dalam sebuah keterangan, Selasa (3/5).

Wisatawan, menurut Dodi, terpantau memenuhi KRC dan menggunakan fasilitas lapangan terbuka untuk menggelar halal bihalal keluarga. Mayoritas kendaraan yang digunakan pengunjung adalah sepeda motor, serta kendaraan roda empat milik pribadi.

Kunjungan wisata di Taman Bunga Nusantara

Salah satu sudut Taman Bunga Nusantara, Cipanas.

Yanwar, Humas Taman Bunga Nusantara, Cipanas, juga melaporkan bahwa kunjungan wisatawan naik, meski belum signifikan. Sebanyak 1.500 wisatawan, hingga Selasa siang, masuk ke obyek wisata.

“Kalau dibandingkan lebaran tahun lalu masih jauh (tingkat pengunjung). Kami memprediksi peningkatan yang cukup tinggi setelah tiga hari lebaran atau H+3 lebaran,” ujarnya.

Prokes dan vaksinasi tetap diutamakan

Ilustrasi vaksin berbasis mRNA.

Meski berharap ramai dan perekonomian masyarakat dapat berputar, namun protokol kesehatan tetap jadi prioritas. Hal ini termasuk penerapan aplikasi PeduliLIndungi bagi pengunjung yang datang. Vaksinasi lengkap pun wajib diterapkan, sehingga yang belum lengkap untuk booster diarahkan ke gerai vaksin.

Menurut pantauan Antara, Selasa (3/5) petang, volume kendaraan wisatawan yang menuju kawasan Puncak-Cianjur memang terus bertambah. Namun, jumlah ini belum seramai perayaan Leabran sebelumnya, walau kegiatan masyarakat sempat lama terbatasi.

Related Topics

Related Articles