NEWS

Target Kunjungan Wisman Tercapai, Pemprov Bali Terus Genjot Pariwisata

Kunjungan wisman ke Bali sudah mencapai 9.000 per hari.

Target Kunjungan Wisman Tercapai, Pemprov Bali Terus Genjot PariwisataIlustrasi Sawah Terasering di Ubud. Shutterstock/CherylRamalho
22 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah Provinsi Bali, mengklaim kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Pulau Bali telah mencapai target 2022. Meski demikian, Pemprov akan terus menggenjot sektor pariwisata agar jumlah rerata kunjungan wisman bisa menyamai sebelum pandemi.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Bali, Tjok Bagus Pamayun, mengatakan bahwa kunjungan wisman ke Pulau Bali sudah mencapai 9.000 per hari dengan 23 maskapai penerbangan.

“Jadi, belum (cukup), baru setengahnya, karena sebelum pandemi rata-rata 20.000 sampai dengan 25.000 per hari,” ujarnya dalam acara seminar ‘Bali Move On’, Minggu (21/8).

Menurut data, kunjungan wisatawan domestik telah mencapai 15.000 kunjungan per harinya. Pada saat libur Lebaran 2022, kunjungan wisatawan domestik bahkan bisa menembus 18.000-20.000 per hari.

Penambahan negara dengan fasilitas khusus

pulau bali menjadi salah satu destinasi wisata termewah
ilustrasi Bali Indonesia (unsplash.com/ Guillaume Marques)

Untuk memaksimalkan tingkat kunjungan, Tjok Bagus mengusulkan penambahan negara yang bisa mendapat fasilitas visa on arrival (VoA), termasuk beberapa lainnya yang dibebaskan dari kewajiban biaya visa kunjungan wisata ke Bali.

“Sampai sekarang, ada ditambah 72 negara (dapat fasilitas VoA), dan kami mengusulkan untuk memberi fee bebas kunjungan untuk Sembilan negara di Asia. Mudah-mudahan ini membantu percepatan wisatawan datang ke Bali,” katanya. 

Event Internasional dan peningkatan kepercayaan dunia

Wisatawan mancanegara tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (7/3/2022). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Related Topics