NEWS

Terapkan Ekonomi Sirkular dalam Pembangunan IKN, Ini 3 Prinsipnya

Bukan hanya soal sampah, tapi manusianya.

Terapkan Ekonomi Sirkular dalam Pembangunan IKN, Ini 3 Prinsipnyailustrasi produksi barang (unsplash.com/possessed photography)
29 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Penerapan ekonomi sirkular dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dinilai perlu memperhatikan infrastruktur dan manajemen keberlanjutan rantai pasok industri.  

Ketua Komite Komunikasi, Media, dan Penghargaan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Lucia Karina, mengatakan bahwa potensi sumber daya energi baru dan terbarukan yang berlimpah di Kalimantan Timur seharusnya dapat dimanfaatkan dalam rantai pasok.

“Misalnya baja-baja bekas konstruksi, begitu juga tekstil, ada tukang tadahnya. Nilai eknominya luar biasa kalau kita lihat yang dilakukan India dan Cina mereka lakukan itu,” ujarnya dalam diskusi FMB9 ‘Menyongsong Ibu Kota Negara Sirkular’, Kamis (28/7).

Pemerintah, menurut Lucia, harus memberi kemudahan dalam bentuk fiskal agar industri mau menciptakan ekosistem bisnisnya, membangun rantai pasok.

Tiga prinsip yang diperhatikan

Ketua Komite Komunikasi, Media, dan Penghargaan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Lucia Karina.
Ketua Komite Komunikasi, Media, dan Penghargaan Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Lucia Karina. (Tangkapan layar)

Lucia mengatakan, terdapat tiga prinsip utama yang harus diperhatikan dalam mengoptimalkan ekonomi sirkular dalam rantai pasok industri di IKN Nusantara. Pertama, adalah bagaimana memanfaatkan sumber daya lam yang regeneratif di Kalimantan Timur.

“Kedua, sumber daya alam yang ada saat ini juga harus dipertahankan. Jangan sampai dengan alasan pembangunan kemudian kita mengobrankan sumber daya alam tersebut,” tutur Lucia.

Sedangkan yang ketiga, pembangunan IKN harus memperhatikan penggunaan sumber energi, seperti air maupun sinar matahari. “Ini juga harus dimasukkan dalam konsep pembangunan  IKN tersebut,” katanya.

Soal manusia mengaitkan keseluruhan proses

Ilustrasi Circular Economy.
Ilustrasi Circular Economy. (ShutterStock/Lemonsoup14)

Related Topics