NEWS

Raihan Fahrizal, Model Indonesia Pertama di Paris Fashion Week

Awalnya ingin jadi musisi dan tidak percaya diri jadi model.

Raihan Fahrizal, Model Indonesia Pertama di Paris Fashion WeekKemenprekraf apresiasi model pertama Indonesia di Paris Fashion Week. (dok. Kemenprekraf)
23 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Indonesia semakin dikenal di kancah fesyen internasional, salah satunya melalui seorang model pria Indonesia pertama yang ikut dalam ajang Paris Fashion Week, Raihan Fahrizal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, kabar ini adalah kebanggaan bagi dunia fesyen Tanah Air. “Keberhasilan Raihan ini  menjadi pemantik bagi industri fesyen tanah air untuk menciptakan ekosistem fesyen yang lebih baik lagi ke depannya,” katanya dalam weekly brief Kemenparekraf, Senin (22/1).

Sandiaga menyebutkan bahwa fesyen adalah salah satu subsektor yang masih jadi andalan ekspor ekonomi kreatif Indonesia, bahkan bernilai kontribusi hingga 61,5 persen.

“Untuk itu, kita harus lebih mengoptimalisasikan subsektor fesyen ini dengan pelatihan, pemasaran, dan permodalan. Karena ini pesan dari Presiden Jokowi yang ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia,” kata Menteri Sandiaga.

Ia berharap, industri fesyen Tanah Air semakin kuat, dikenal, dan bersaing dengan jenama-jenama internasional, salah satunya melalui model seperti Raihan Fahrizal, dan karya desainer Indonesia yang sebisa mungkin ikut dalam ajang seperti Paris Fashion Week 2024. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas tentang siapa sosok Raihan Fahrizal.

Awal jadi model

Raihan Fahrizal.
Raihan Fahrizal. (Instagram @raihanfahrizal_)

Berdasarkan laman resmi Kemenparekraf, Raihan Fahrizal adalah seorang model kelahiran Bandung, 5 Mei 2001. Dengan tubuh ramping dan tinggi mencapai 187 cm dsn berkulit gelap, Raihan sempat  menerima perundungan yang membuatnya tidak percaya diri.

Mengutip akun YouTube Trans TV, melalui acaranya Rumpi: No Secret, Raihan menuturkan bahwa awalnya dia ingin menjadi seorang musisi dengan genre rap, karena ia memang lahir di lingkungan musik.

Namun, siapa sangka, tahun 2018, ia bertemu seorang perempuan di sebuah kafe yang meyakinkannya sangat cocok untuk menjadi seorang model fesyen.

Raihan pun melanjutkan keyakinannya dengan bergabung ke agensi model perempuan tersebut dan mendapatkan panggilan dari pencari bakal model Paris yang mengabari agen model tersebut pada 2020.

“Dia bilang, liat aku di Instagram. Mereka minta aku buat placement di Paris,” katanya. “Akhirnya mereka memberi dua kota, Paris dan Milan.”

Ajang internasional dan prestasi

Raihan Fahrizal.
Raihan Fahrizal. (Jakartafashionweek.co.id)

Related Topics