NEWS

Rekomendasi Kota yang Jadi Destinasi Liburan Imlek Menarik

Kota-kota ini memiliki rangkaian acara Imlek yang unik.

Rekomendasi Kota yang Jadi Destinasi Liburan Imlek MenarikNaga kayu. (Pixabay/Sandy Müller)
01 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Masa Liburan Tahun Baru Imlek 2024 hampir tiba. Bukan hanya masyarakat keturunan Cina saja yang merayakan, masyarakat umum pun menikmati keceriaan dan semarak dari salah satu hari besar nasional ini, salah satunya dengan berkunjung ke berbagai destinasi kota unik dan menarik.

Sejumlah daerah di Indonesia pun seakan berlomba menggelar perayaan Tahun Baru Imlek dengan ciri khasnya masing-masing, untuk menarik para wisatawan datang berkunjung. Dengan demikian, perekonomian daerah bisa meningkat dan produk ekonomi kreatif lokal pun bisa dipromosikan kepada para wisatawan.

Oleh karena itu, mwnjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2024, sebaiknya Anda mulai mengatur waktu dan tujuan untuk berkunjung ke daerah yang memiliki tradisi unik. Menukil dari laman resmi Kemenparekraf, berikut ini beberapa destinasi menarik untuk dikunjungi selama musim liburan Tahun Baru Imlek 2024.

Singkawang

Kemeriahan Imlek di Singkawang.
Kemeriahan Imlek di Singkawang. (dok. kemenparekraf)

Salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan perayaan Tahun Baru Imlek adalah Singkawang, Kalimantan Barat. Kota ini dihuni oleh etnis keturunan Cina yang cukup mayoritas. Maka tak heran jika Kota Singkawang kerap dijuluki sebagai Kota Seribu Kelenteng, yang selalu ramai saat Tahun Baru Imlek.

Dalam menyambut perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, Kota Singkawang selalu menggelar festival-festival budaya dengan sangat meriah.

Acara yang dapat disaksikan, mulai dari pawai lampion, pentas kesenian budaya Cina, kampung Cina, ritual cuci jalan, hingga parade Tatung–yang paling menarik dan ditunggu–yang memperlihatkan kesaktiannya saat ‘dirasuki’ roh leluhur.

Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang.
Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang. (semarangkota.go.id)

Related Topics