NEWS

Sandiaga Minta InJourney Kaji Ulang Rencana Penghapusan WSBK

WSBK diadakan untuk tingkatkan kunjungan wisman ke Lombok.

Sandiaga Minta InJourney Kaji Ulang Rencana Penghapusan WSBKWSBK 2023 di Sirkuit Mandalika. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
20 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, meminta PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney mengkaji ulang rencana penghapusan ajang balap World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

Alasannya, event seperti WSBK berkelas internasional dan mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk datang ke Sirkuit Mandalika, Lombok. “Dengan adanya event lebih banyak di Mandalika, kita harapkan justru Mandalika semakin tumbuh dan berkembang,” ujarnya dalam Weekly Press Briefing, Senin (19/6).

Menurutnya, penyelenggaraan event WSBK bersifat business to business (B2B). Oleh sebab itu, kerugian penyelenggara seharusnya bisa diminimalisir dengan pengelolaan acara yang matang, profesional, dengan perhitungan yang tepat.

Ciptakan IP asli Indonesia

Menparekraf, Sandiaga S. Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (19/6).
Menparekraf, Sandiaga S. Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (19/6). (Tangkapan layar)

Ia berharaop, agar di masa depan, Indonesia bisa menciptakan agenda besar lainnya serta tidak lagi bergantung pada perhelatan balap internasional dari jenama di luar Indonesia. “MotoGP, World Superbike, ini IP (Intellectual Property) luar negeri. Kenapa kita nggak bikin IP sendiri?” katanya.

Kemenparekraf terus mendorong terciptanya IP baru yang lahir di Indonesia. Ia berharap, agar IP berkelas internasional semacam itu bisa menjadi agenda global sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Kerugian Rp100 miliar

Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Injourney), Dony Oskaria.
Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Injourney), Dony Oskaria. (Tangkapan layar)

Related Topics