NEWS

Usai Lebaran, Pemerintah Masih Perpanjang PPKM hingga 2 Pekan

Pemerintah tetap kedepankan prinsip kehati-hatian.

Usai Lebaran, Pemerintah Masih Perpanjang PPKM hingga 2 PekanMenko Luhut, Menko Airlangga, dan Menkes Budi, dalam konferensi pers rapat kabinet, Senin (9/5). (Tangkapan layar)
09 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah menyebut perayaan Hari Raya Idulfitri, termasuk perjalanan mudik dan balik berjalan lancar. Namun karena pandemi belum berakhir, Pemerintah masih melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia dengan perpanjangan hingga 2 pekan ke depan.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyempaikan bahwa dalam kurun waktu 2 pekan tersebut, Pemerintah akan menguatkan evaluasi penanganan Covid-19 melalui testing dan tracing. “Jadi, kalau nanti setelah 2 minggu dari sekarang kami evaluasi (dan hasilnya) baik, nanti kita tentukan langkah berikutnya,” ujarnya dalam konferensi pers, Senin (9/5).

Luhut juga mengatakan bahwa dengan situasi penanganan Covid-19 yang semakin baik, relaksasi PPKM pun akan semakin dilonggarkan. Bagaimanapun, protokol kesehatan akan terus diterapkan. Sementara itu, program vaksinasi–baik dosis kedua maupun booster akan dilanjutkan. Begitu pula penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam berbagai kegiatan masyarakat.

“Sebagai langkah strategis yang akan diambil dan sudah diberlakukan, tentunya akan menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian. Jangan sampai perbaikan yang sudah kita capai membuat kita terlena dan akhirnya akan jadi sia-sia,” katanya.

Penerapan PPKM di seluruh Indonesia

Ilustrasi PPKM.
Ilustrasi PPKM. (ANTARAFOTO/Oky Lukmansyah)

Pada konferensi pers ini, Luhut juga menyampaikan bahwa untuk wilayah Jawa dan Bali, saat ini tidak ada daerah yang berada di Level 4 PPKM. Sedangkan, pada level 3 PPKM hanya ada Kabupaten Pamekasan, Madura, akibat level vaksinasi yang belum memadai.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan bahwa saat ini kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali dalam kondisi landai. Kabupaten/Kota yang berada pada level 1 PPKM kini berjumlah 88, pada level 2 sebanyak 276 Kabupaten/Kota, dan pada level 3 kini hanya mencakup 22 Kabupaten/Kota.

Realisasi kinerja penanganan Covid dan pemulihan ekonomi nasional

Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 dari Pfizer untuk disuntikkan ke seorang warga di Puskesmas Lebak Bulus, Jakarta, Senin (23/8/2021).
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Related Topics