NEWS

Wapres Ungkap 4 Langkah Strategis untuk Dorong UMK Halal

Produk halal identik dengan kualitas, aman, dan higienis.

Wapres Ungkap 4 Langkah Strategis untuk Dorong UMK HalalWakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin. (dok. Setwapres)
09 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Usaha Mikro dan Kecil (UMK) digadang-gadang satu tumpuan pembangunan ekonomi nasional. Pemerintah, terus berupaya mewujudkan Indonesia menjadi produsen halal terkemuka di dunia, melalui empat langkah strategis.

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, mengatakan bahwa dominasi UMK diyakini dapat menopang pemulihan ekonomi nasional, sekaligus membawa kesejahteraan masyarakat sampai ke akar rumput. “Transisi pasca pandemi masih menjadi tantangan bagi UMK untuk bertahan, bangkit, dan berkembang,” ujarnya saat memberikan sambutan daring pada closing ceremony Festival Syawal 1443 H, Kamis (9/6).

Wapres melihat sinyal baik berupa daya juang para pelaku UMK dan ekonomi kreatif justru semakin menguat, seiring dibukanya kembali pembatasan kegiatan masyarakat. Maka, peluang ini perlu diimbangi dengan langkah aktif dan adaptif dari pelaku UMK.

“Pelaku UMK harus jeli melihat peluang pasar, termasuk salah satunya potensi dan tren peningkatan permintaan produk halal, seperti makanan, minuman, obat-obatan, dan kosmetika. Kesadaran muslim untuk mengonsumsi produk halal dan toyyib telah bergeser menjadi gaya hidup,” ucap Ma’ruf. “Masyarakat dunia kini turut mengakui komoditas halal yang identik dengan produk aman, berkualitas, dan higienis.”

1. Membentuk KDEKS di seluruh provinsi

Pengunjung melihat produk fesyen bersertifikasi halal yang dipajang dalam pameran Malang Islamic Movement di Mall Dinoyo City Malang, Jawa Timur, Kamis (2/12/2021). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Pengunjung melihat produk fesyen bersertifikasi halal yang dipajang dalam pameran Malang Islamic Movement di Mall Dinoyo City Malang, Jawa Timur, Kamis (2/12/2021). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.

Wapres Ma’ruf Amin, menyebutkan langkah pertama pemerintah untuk mempercepat visi ekonomi syariah adalah mendorong terbentuknya Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di seluruh provinsi.

“Seperti yang sudah dibentuk di Provinsi Sumatera Barat, menyusul Provinsi Riau, Jawa Barat dan lain-lainnya,” ucap Ma’ruf.

2. Penyempurnaan proses sertifikasi halal

Pada latar belakang adalah logo halal baru yang dirilis oleh BPJPH. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Related Topics