NEWS

Ini 15 Perdana Menteri Inggris pada Masa Kekuasaan Ratu Elizabeth II

Dari Winston Churchill hingga Liz Truss.

Ini 15 Perdana Menteri Inggris pada Masa Kekuasaan Ratu Elizabeth IIRatu Elizabeth II dalam suatu acara yang dihadiri David Cameron, mantan perdana menteri Inggris. Flickr.com/Number 10
09 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Selama 70 tahun bertakhta, Ratu Elizabeth II telah menyaksikan pergi dan datangnya 15 perdana menteri. Dia tentu saja banyak membangun hubungan dengan para perdana menteri itu, dari Winston Churchill yang dikenang sebagai pemimpin Inggris untuk melewati Perang Dunia II, hingga Margaret Thatcher yang kesohor sebagai Iron Lady atau Wanita Besi karena gaya politiknya yang tak kenal kompromi. 

Kebanyakan perbincangan politik dan pribadinya dengan para perdana menterinya rahasia. Orang hanya dapat mengintip sedikit via kisi-kisi yang ditawarkan dalam memoar atau interaksi sejarah mereka. 

Berikut adalah daftar para perdana menteri itu, dikutip dari kantor berita Associated Press:
 

1. Winston Churchill, 1951-1955

Winston Churchill, kiri, dengan Raja George VI, ayahanda Elizabeth II. Flickr.com/Evan Ramishvili

Ketika ayahanda Elizabeth mangkat pada 1952, Churchill mengeluhkan perempuan itu "cuma seorang anak kecil." Namun, beberapa hari kemudian, Churchill dilaporkan berkomentar positif tentangnya: "Jika semua insan film dunia harus menjelajahi bumi ini, mereka takkan bisa menemukan siapa pun yang mirip dengannya." Keduanya kemudian menjalin hubungan baik.  
 

2. Anthony Eden, 1955-1957.

Anthony Eden, kiri, saat berpose dengan Winston Churchill. Flickr.com/Levan Ramishvili

Related Topics