NEWS

Ini Daftar 100 Perusahaan Terbesar di Indonesia versi Fortune

Batas revenue terendah untuk masuk lis Rp6,5 triliun

Ini Daftar 100 Perusahaan Terbesar di Indonesia versi Fortune100 Perusahaan Terbesar di Indonesia. (FORTUNEIDN)
30 September 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Daftar 100 perusahaan terbesar di Indonesia merupakan edisi kedua majalah Fortune Indonesia yang terbit pada pertengahan September merilis pemeringkatan Fortune Indonesia 100. Lis ini berisi 100 perusahaan terbesar di Indonesia, dan disusun setelah Tim Fortune Indonesia menelaah lebih dari 600 laporan keuangan perusahaan—baik terbuka atau tertutup—di Indonesia pada tahun  fiskal 2020.

Fortune Indonesia 100 berbeda dari pemeringkatan lain karena dibuat berdasar atas bagaimana suatu perusahaan menorehkan kinerja pada periode tertentu. Daftar dibuat tanpa melekatkan subjektivitas data dari kami, tapi sepenuhnya bersandar pada performa perusahaan yang dilaporkan kepada regulator. 

Sebagai informasi, total pendapatan perusahaan yang tergabung dalam Fortune Indonesia 100 mencapai Rp3.632,14 triliun. Jika perekonomian Indonesia 2020 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp15.434,2 triliun, maka keluarga Fortune Indonesia 100 mewakili 23,5 persen perekonomian negeri ini.

Apresiasi untuk Jerih Payah Terbaik

Pandemi Covid-19 menyita banyak energi dan pikiran. Opsi tersedia untuk melakukan manuver sungguh terbatas. Karenanya, adaptasi dengan perubahan yang diakibatkannya menjadi harga mati.

Bagi para CEO—pengambil kebijakan tertinggi perusahaan—penataan ulang strategi korporasi tidak dapat ditawar lagi. Jalan keluar dari efek pandemi mesti dicari sehingga kendaraan besar yang mereka kemudikan tidak mengalami selip hingga terbalik. Selain adaptasi, hal penting lain yang masuk koridor kebijakan adalah efisiensi dan transformasi.

Untuk mengambil langkah-langkah berani, pemantik terutama adalah nyali. Mereka yang mengusung keberanian di pundaknya jelas dapat lebih tegas menentukan jalan. Apresiasi niscaya patut diarahkan kepada mereka. Salah satu bentuk pengakuan itu adalah ketika perusahaan yang mereka pimpin dapat masuk pemeringkatan Fortune Indonesia 100. Dan memang, 2020 bukan tahun terbaik. Namun, dibutuhkan pendapatan minimal Rp6,5 triliun bagi sebuah perusahaan untuk dapat beroleh tempat dalam FORTUNE Indonesia 100.

Pertamina Perusahaan Terbesar di Indonesia

Pada edisi kedua, majalah Fortune Indonesia menyajikan cerita. Seperti kisah Pertamina (peringkat 1) yang menjadi perusahaan terbesar di Indonesia. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati membagikan informasi mengenai rahasia perusahaan terbesar ke-287 dunia ini (berdasar lis Fortune Global 500) dalam menghadapi badai  pandemi sehingga tetap dapat mencatatkan laba bersih ketika para pesaingnya seperti BP, Shell,  Chevron, dan Exxon mesti menanggung kerugian. 

Related Topics