NEWS

StraitsX Luncurkan XIDR, Stablecoin Berdenominasi Rupiah

Meramaikan stablecoin Rupiah di Indonesia

StraitsX Luncurkan XIDR, Stablecoin Berdenominasi RupiahIlustrasi Bitcoin. (Shutterstock/Coyz0)
23 November 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE- StraitsX, platform aset digital yang dikembangkan Xfers, mengumumkan peluncuran stablecoin Rupiah XIDR, setelah XSGD untuk wilayah Asia Tenggara. Setiap token XIDR memiliki nilai yang sama dengan satu Rupiah dan akan tersedia di ekosistem StraitsX.

XIDR adalah stablecoin berdenominasi Rupiah di atas blockchain Ethereum dan Zilliqa dengan masing-masing XIDR memiliki nilai yang sama dengan satu Rupiah yang disimpan dan dilindungi di institusi finansial teregulasi di Indonesia. XIDR diterbitkan oleh PT Xfers StraitsX Indonesia, anak usaha Fazz Financial Group (FFG).

Mempercepat dan membuka akses ke aset digital

FFG telah memperoleh izin penerbitan e-money dan transfer dana dari Bank Indonesia, melalui PT Cashfazz Teknologi Nusantara. StraitsX menawarkan jalan alternatif bagi pengguna untuk melakukan transaksi keuangan atas nama nasabah yang tidak memiliki akses ke bank dan atau tidak memiliki rekening bank.

Head of StraitsX Aymeric Salley mengatakan, “Riset Google menyebutkan 66 persen dari 275 juta penduduk Indonesia tidak memiliki rekening bank. Seiring dengan pertumbuhan luar biasa yang sedang terjadi di fintech, blockchain, dan ruang aset digital di Indonesia, serta permintaan yang kuat atas stablecoin berdenominasi Rupiah, XIDR memberikan jalan untuk mendemokratisasi, mempercepat, dan membuka akses ke aset digital bagi individu dan bisnis-bisnis di Asia dan sekitarnya.”

XIDR memiliki visi untuk menjadi stablecoin Rupiah yang paling hemat biaya, dengan dibebaskannya biaya untuk mencetak dan menukar XIDR melalui platform StraitsX. Selain itu, biaya transaksi keluar di atas blockchain akan dibatasi, aman, dan tanpa memerlukan pihak ketiga.

Memudahkan transaksi di pasar kripto

Pengguna dapat membuat akun StraitsX dan mendapatkan token XIDR dengan mentransfer Rupiah ke rekening bank mereka. XIDR selalu dapat dikonversi dengan perbandingan 1:1 dengan Rupiah di platform StraitsX. Selain itu, pengguna dapat mentransfer, menggunakan, dan menerima XIDR dengan daftar mitra ekosistem StraitsX.

XIDR akan menjadi stablecoin berdenominasi Rupiah pertama di blockchain Zilliqa, memungkinkan pengguna lokal untuk mengakses blockchain Zilliqa yang dinamis. XIDR akan tersedia di bursa keuangan terdesentralisasi Uniswap, Zilswap, HaloDAO, VexSwap, LiteDex, Savvix & DFX finance, di mana pengguna dapat menukar XIDR dengan token lain seperti XSGD, USDC, ETH & ZIL. Pengguna juga bisa mendapatkan hadiah dengan menyediakan likuiditas dengan XIDR.

XIDR dapat segera diperoleh dari mitra exchange, seperti Cex.io, NovaDax, Omnidax, Tokenize Exchange dan Coinut. Berikutnya, untuk platform analitik seperti Etherscan, Viewblock, Coinmarketcap, Coinecko, Onchain Custodian, Merkle Science, dan Elliptic, juga akan tersedia XIDR.

Related Topics