NEWS

ID Food Telah Distribusikan 25,39 Juta Liter Minyak Goreng

Penyaluran minyak goreng ke wilayah timur masih terhambat.

ID Food Telah Distribusikan 25,39 Juta Liter Minyak GorengPetugas melakukan persiapan untuk pengiriman minyak goreng Minyakita yang telah dikemas dalam kontainer ke Indonesia bagian timur, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (11/8). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
11 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - BUMN holding pangan, ID Food, melaporkan realisasi distribusi minyak goreng, terutama minyak goreng curah dan Minyakita yang dilakukan anak perusahaannya, telah mencapai 25,3 juta liter dari Februari hingga 5 April 2023.

Di hadapan Komisi VI DPR, Selasa (11/4), Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan, mengatakan total distribusi minyak goreng tersebut berasal dari anak usahanya, yakni PT Rajawali Nusindo sebanyak 21,7 juta liter, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) 2 juta liter, dan PT GIEB 1,59 juta liter. 

Minyak goreng tersebut disalurkan ke 28 provinsi di Indonesia, dengan penyaluran paling banyak di wilayah Jawa Timur sebesar 3,47 juta liter, Jawa Barat 3,09 juta liter, Sumatra Barat 2,56 juta liter, DKI Jakarta 2,43 juta liter, dan Banten 2,05 juta liter.  Lalu, Kalimantan Timur 2,04 juta liter, Bali 1,83 juta liter, Sumatra Utara 1,81 juta liter, Sumatra Selatan 1,69 juta liter, dan Lampung 1,34 juta liter.

Sementara itu, penyaluran di lima provinsi ini masih rendah, antara lain Kepulauan Bangka Belitung 13.253 liter, Aceh 13.992 liter, Jambi 14.955 liter, Maluku 16.280 liter, dan Papua 17.892 liter.

Pendistribusian minyak goreng curah dan Minyakita, kata Frans, untuk wilayah timur Indonesia seperti Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, NTB, dan Papua masih terhambat. Sehingga hal ini menyebabkan kenaikan harga cukup tinggi.

ID Food telah berkoordinasi dengan produsen-produsen minyak goreng dan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk mendapat dukungan dalam pendistribusian minyak goreng.

Penuhi stok daging dalam negeri

Menjelang hari raya Idulfitri, Frans mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk memastikan persediaan stok pangan dalam negeri tercukupi.

Untuk daging sapi, misalnya, ID Food melaksanakan pengadaan daging pada awal 2023 guna menjaga ketersediaan stok di dalam negeri, terutama dari penugasan yang diberikan kepada ID Food pada akhir 2022. 

Pada awal Ramadan, ID Food telah mengambil alih stok daging sapi sebanyak 2.460 ton. Tahun ini, ID Food mendapatkan penugasan untuk daging sapi Brasil sebanyak 100.000 ton. Namun, karena jarak yang jauh dan shipping time yang cukup panjang, penugasan tahun ini diperkirakan akan tiba pertama kali pada akhir April atau awal Mei 2023.

“Kemudian di akhir Ramadan atau jelang hari raya biasanya kami juga memobilisasi sapi-sapi hidup dari daerah Jawa dan sekitarnya karena kebiasaannya kebutuhan sapi hidup meningkat jelang hari raya Idul Fitri,” ujarnya. 

Ia berharap harga daging sapi pada momen Lebaran tahun ini bisa terkendali. Langkah preventif dilakukan ID Food agar kenaikan harga daging sapi pada tahun lalu bisa ditekan. 

Related Topics