Comscore Tracker
NEWS

Daftar Candi Terbesar di Dunia

Candi terbesar di dunia tak hanya berada di Indonesia.

Daftar Candi Terbesar di DuniaSuasana Candi Borobudur saat perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022, Senin (16/5). ANTARA FOTO/Anis Efizudin

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Candi terbesar di dunia ternyata bukan Borobudur. Dan candi terbesar di dunia ternyata juga tak hanya berada di Indonesia. Di negara-negara lain, candi-candi dengan ukuran lebih besar dari yang ada di Indonesia rupanya tersebar pula. Bukan hanya di Benua Asia, melainkan juga Eropa serta Afrika.

Lantas apa saja daftar Candi terbesar di dunia? Berikut ulasannya:

Baalbek atau Heliopolis

Baalbek atau Heliopolis adalah situs arkeologi yang spektakuler di timur laut Lebanon. Dari abad 1 SM, orang-orang Romawi membangun tiga candi di sini: Jupiter, Bacchus, dan Venus.

Candi-candi tersebut diciptakan untuk menjadi yang terbesar di kekaisaran Romawi. Candi Bacchus, yang terbesar, dibangun pada 150 Masehi. Candi dengan panjang 69 meter dan lebar 36 meter itu memiliki 42 pilar dengan tinggi 62 kaki di dindingnya.

Karnak

Candi Karnak yang terletak di Karnak, Mesir, menduduki peringkat kedua sebagai candi terbesar di dunia. Ada banyak julukan yang diberikan untuk candi yang didedikasikan kepada Dewa Amun, Dewa Mut, dan Dewa Khonsu ini.

Julukan yang paling terkenal adalah Kuil Amun-Ra, yakni dewa matahari sekaligus dewa tertinggi di kebudayaan Mesir Kuno.

Akshardham

Akshardham yang terletak di New Delhi, India, dinobatkan sebagai salah satu candi terbesar Bangunan ini menjadi candi yang dibangun pada era modern, yakni pembangunannya dimulai pada 8 November 2000 dan resmi dibuka pada 6 November 2005.  Pembangunan candi ini memakan waktu yang singkat karena melibatkan 11 ribu pengrajin dan ribuan sukarelawan.

Candi di India ini punya tinggi 43 meter (141 kaki), panjang 96 meter (316 kaki), dan lebar 110 meter (370 kaki). Hiasannya unik, berupa ukiran flora, fauna, penari, musisi, dan dewa. Candi ini dibangun menggunakan pasir merah muda dan marmer Carrara Italia. Sama sekali tidak memakai baja atau beton.

Tikal

Tikal berisi 6 piramida yang sangat besar. Yang terbesar adalah candi ke-IV, dengan tinggi 72 meter (230 kaki). Candi IV adalah candi terbesar yang dibangun di wilayah Maya, melampaui Piramida Matahari di Teotihuacan.

Jetavanaramaya

Candi ini terletak di Kota Anuradhapura, Sri Lanka. Jetavanaramaya adalah stupa terbesar di dunia jika diukur berdasarkan volumenya. Candi ini dibangun Raja Mahasena di abad ke-3. Pembangunannya selama 15 tahun. Butuh 93,3 juta batu bata panggang yang digunakan. Tingginya 122 meter (400 kaki).

Jetavanaramaya adalah candi tertinggi ketiga di dunia setelah Piramida Giza. Diameter kubah itu sendiri sekitar 95 meter (312 kaki).

Sri Ranganathaswamy

Candi ini pembangunannya didedikasikan untuk Tuhan Ranganatha (Dewa Wisnu). Ranganathaswamy berlokasi di Srirangam.

Bangunan ini merupakan uil yang disambangi jutaan pengunjung dan peziarah setiap tahun. Luasnya 156 acre. Kuil Sri Ranganathaswamy adalah salah satu kuil terbesar di dunia. Tingginya 73 meter (240 kaki).

Borobudur

Candi di Indonesia ini pernah masuk tujuh keajaiban dunia. Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia. Candi ini dibangun sekitar 75 tahun pada abad ke-8 dan ke-9 oleh Kerajaan Sailendra. Ada sekitar 2 juta blok batu yang dikumpulkan untuk membangunnya.

Borobudur dapat dibagi menjadi tiga bagian: dasar, tubuh, dan atas. Bagian dasar memiliki ukuran 123 × 123 meter (403,5 × 403,5 kaki) dengan tinggi dinding 4 meter (13 kaki). Total luas permukaan sekitar 2.500 meter persegi.

Bagian tubuh terdiri atas 5 platform persegi, masing-masing punya ketinggian berbeda. Bagian atas adalah stupa monumental dengan kubah utama terletak di pusat. Kubah ini memiliki tinggi 35 meter (115 kaki) dari permukaan tanah.

Angkor Wat

Angkor Wat, sebuah kompleks candi yang luas yang berlokasi di Kamboja. Kawasannya menampilkan sisa-sisa beberapa ibu kota Kekaisaran Khmer, dari abad ke-9 sampai ke-15.

Kuil Angkor bisa disaksikan dari seluruh kota. Bagian luar kuil Angkor Wat memiliki ukuran 187 x 215 meter (614 x 705 kaki). Kawasan berikutnya saling terhubung. Pada tingkat kedua, kawasan itu memiliki ukuran 100 x 115 meter (328 x 377 kaki). Menara di atas memiliki tinggi 65 meter (213 kaki) di atas tanah.

Related Articles