Comscore Tracker
NEWS

Daftar Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia

Indonesia ada di posisi ke-6 negara dengan pulau terbanyak.

Daftar Negara dengan Pulau Terbanyak di Duniailustrasi pulau di Papua (unsplash.com/Ridho Ibrahim)

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Indonesia kerap disebut-sebut sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Namun, jika dilihat berdasarkan jumlah pulaunya, posisi Indonesia sebenarnya bukan lah nomor satu di dunia. Menurut World Atlas, Indonesia hanya menempati peringkat ke-6 di dunia. Lantas negara mana yang memiliki pulau terbanyak?

Berikut daftarnya:

Swedia

Salah satu negara paling utara di bumi ini memiliki 221.831 pulau, di mana sekitar 24.000 di antaranya terbuka untuk umum melalui kebijakan Hak Akses Publik negara tersebut. Dengan demikian, pulau-pulau tersebut terbuka bagi siapa pun yang ingin mendaki, berpetualang di hutan dan ladang yang rimbun, atau mencari buah beri dan jamur tanpa meminta izin pemilik tanah.

Meskipun menjadi negara dengan pulau terbanyak di dunia, kurang dari 1.000 pulau di Swedia yang telah berpenghuni. Ribuan pulau di negara ini dapat ditemukan sebagian besar di sepanjang garis pantai timurnya dari ujung utara hingga selatan, dengan beberapa juga terletak di lepas pantai barat Swedia.

Yang paling terkenal adalah Kepulauan Stockholm, yang terdiri dari hampir 30.000 pulau, pulau kecil, dan bebatuan antara Regrund di utara dan Landsort di selatan. Ada pula kepulauan Gothenburg yang berjajar di pantai barat bersama dengan Kepulauan Bohuslän, yang terdiri dari lebih dari 8.000 pulau dan pulau kecil dan telah dinobatkan sebagai kawasan hutan belantara alam terindah ketujuh di dunia oleh CNN Travel.

Norwegia

Norwegia tercatat memiliki 239.057 pulau, di mana salah satu paling terkenal adalah Kepulauan Lofoten yang menghiasi Laut Norwegia, di atas Lingkaran Arktik. Kepulauan Lofoten disertifikasi sebagai destinasi berkelanjutan, yaitu sebutan yang diberikan kepada tempat-tempat yang mengurangi dampak negatif pariwisata dengan melestarikan lingkungan alam dan budaya, memperkuat nilai-nilai sosial dan vitalitas ekonomi.

Kepulauan Lofoten membanggakan iklim yang lebih ringan daripada tempat-tempat lain yang mencelupkan ke dalam Lingkaran Arktik, meskipun perairan laut yang mereka huni bergolak, karena Arus Teluk. 

Dikenal karena peluang memancingnya yang luas, matahari tengah malam selama musim panas dan cahaya utara selama bulan-bulan musim dingin, Kepulauan Lofoten telah menjadi daya tarik bagi turis dan seniman, membawa inspirasi bagi para pelancong, pelukis, penyair, fotografer, dan penulis.

Finlandia

Seperti negara tetangganya Swedia dan Norwegia, Finlandia terdiri dari sejumlah besar pulau berbatu di lepas pantainya. Totalnya berjumlah 178.947, dengan banyak di wilayah Kepulauan Finlandia membentang dari pantai barat daya negara itu ke Laut Baltik.

Kepulauan Finlandia termasuk Kepulauan Aland, di pintu masuk ke Teluk Bothnia. Kepemilikan pulau-pulau itu dipertanyakan setelah Perang Dunia Pertama, ketika Finlandia dan Swedia mengklaim Alands, dengan Swedia mengklaim pulau-pulau itu secara budaya lebih Swedia daripada Finlandia. 

Namun, PBB mendeklarasikan Kepulauan Aland sebagai bagian dari Finlandia pada tahun 1921, menyatakan bahwa pulau-pulau tersebut paling terhubung secara fisik dengan Finlandia pada bulan-bulan musim dingin oleh air laut yang membeku dan dengan demikian penting bagi garis pertahanan negara.

Kanada

Sebagai negara terbesar kedua berdasarkan luas daratan di bawah 3.860.000 mil persegi (10 juta km persegi), Kanada memiliki total 52.455 pulau di Samudra Arktik, Pasifik, dan Atlantik, yang membantu menjelaskan statusnya sebagai negara dengan pulau terpanjang garis pantai di dunia. 

Tiga peringkat dalam daftar 10 besar pulau terbesar di dunia berada di Kanada yakni Pulau Baffin, Pulau Ellesmere dan Pulau Victoria, semuanya merupakan bagian dari Kepulauan Arktik.

Kepulauan Arktik terletak di utara negara itu, dan terdiri dari area seluas lebih dari 550.000 mil persegi (1,4 juta km persegi). Di sebelah tenggara, daratan ini merupakan perpanjangan dari Canadian Shield, salah satu perisai benua terbesar di dunia; di selatan mereka adalah bagian dari dataran rendah Arktik dan di utara pulau-pulau tersebut adalah bagian dari Pegunungan Innuitia.

Amerika Serikat

Amerika Serikat mengklaim kepemilikan 18.617 pulau, termasuk tempat-tempat terkenal seperti Kepulauan Hawaii, dan data sensus dikumpulkan dari beberapa wilayah pulau tersebut serta 50 negara bagiannya dan Distrik Columbia. Pulau-pulau ini termasuk Puerto Rico, Kepulauan Virgin AS, Guam, Samoa Amerika, dan Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara.

Beberapa wilayah pulau yang lebih kecil juga termasuk, seperti Kepulauan Corn, Pulau Navassa, Bank Quita Sueño, Roncador Cay, dan Bank Serrana, Baker, Howland, dan Kepulauan Jarvis, Kepulauan Canton dan Enderbury, Atol Johnston, Karang Kingman, Kepulauan Midway , Atol Palmyra, dan Pulau Wake. Alaska sendiri mencakup lebih dari 2.600 pulau.

Puerto Riko pertama kali dihitung pada tahun 1899, diikuti oleh Kepulauan Virgin pada tahun 1917, dengan program sensus ekonomi dilaksanakan pada tahun 1963 dan 1958 masing-masing. Pulau Wake memiliki sejarah yang terkenal, menjadi bagian integral dari perannya selama Perang Dunia II. Itu berada di bawah kepemilikan Amerika pada tahun 1898, dilaporkan dihuni dalam sensus AS 1950 dan telah dikelola oleh Angkatan Udara AS sejak 1962.

Indonesia

Indonesia, yang dikenal sebagai negara berpenduduk terbesar keempat di dunia, memiliki sekitar 17.504 pulau yang dikenal sebagai negara kepulauan tunggal terbesar di dunia. Kepulauan Indonesia terdiri dari lima pulau besar dan 30 kelompok pulau dan pulau kecil, dengan sekitar 6.000 pulau berpenghuni. Kepulauan Indonesia berada di garis khatulistiwa dan membentuk persimpangan antara Samudra Pasifik dan Hindia.

Pulau yang paling padat penduduknya adalah Jawa, yang ukurannya hampir sama dengan Negara Bagian New York dan terdiri dari sekitar 130 juta orang, 60% dari populasi Indonesia. Pulau Sumatera jauh lebih besar tetapi hanya berisi sekitar sepertiga dari populasi negara itu. Pulau-pulau utama lainnya termasuk Kalimantan (Borneo Indonesia), Sulawesi, dan bagian Indonesia dari New Guinea-dikenal sebagai Papua atau Irian Jaya. Pulau-pulau tersebut sebagian besar bergunung-gunung dan mencakup sekitar 400 gunung berapi yang diketahui, di mana sekitar 100 di antaranya aktif.

Australia

Meskipun secara teknis dianggap benua dan tidak dianggap sebagai pulau itu sendiri, Australia dan daerah sekitarnya terdiri dari sekitar 8.222 pulau di Samudra Pasifik. Australia sendiri mendominasi pulau-pulau di sekitar pinggiran pantainya, yang ukurannya berkisar dari bebatuan kecil yang tidak tertutup air saat air pasang hingga beberapa yang berukuran dua kali Wilayah Ibu Kota Australia, terdiri dari Canberra dan kota-kota sekitarnya. Salah satu pulau tersebut adalah Pulau Fraser, 124 mil (200 km) utara Brisbane di Queensland, yang merupakan pulau pasir terbesar di dunia.

Di wilayah luarnya, Australia mengklaim banyak pulau besar di Samudra Pasifik, Hindia, dan Selatan serta Laut Koral dan Timor. Di antara pulau-pulau samuderanya adalah Pulau Christmas yang terkenal, terisolasi di Samudra Hindia, di mana daratan terdekatnya adalah Pulau Jawa di Indonesia, 217 mil (350 km) ke utara.

Related Articles