NEWS

Jokowi Sebut LRT Jabodebek Beroperasi 26 Agustus 2023

Aspek kenyamanan jadi perhatian khusus.

Jokowi Sebut LRT Jabodebek Beroperasi 26 Agustus 2023Presiden Jokowi usai meninjau kesiapan LRT Jabodebek. (Doc: Kemenhub)
10 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Joko Widodo mengatakan operasional Lintas Rel Terpadu Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) dijadwalkan dimulai pada 26 Agustus 2023. Hal tersebut dia sampaikan usai mencoba kembali moda transportasi massal tersebut hari ini, Kamis (10/8).

"Yang paling penting diutamakan keamanan dan keselamatan. Kemungkinan Insya Allah 26 Agustus (dioperasikan)," kata Presiden Jokowi.

Dia mengatakan uji coba LRT Jabodebek kembali dilakukan demi menyesuaikan sistem sebelumnya. Pada 3 Agustus, Presiden Jokowi telah menjajal LRT Jabodebek dan meminta pengoperasiannya tidak perlu tergesa-gesa karena ada banyak faktor yang harus diperhatikan, seperti kesiapan sistem, keamanan, termasuk urusan keselamatan. 

"Jadi ingin melihat lagi, mencoba lagi LRT kita. Kemarin kan ada perlu penyesuaian di sistem. Saya lihat sekarang ini, tadi saya cek di beberapa stasiun sudah pas. Nanti cek sekali lagi, " ujarnya.

Dia menyatakan harapannya bahwa kehadiran angkutan massal LRT Jabodebek ini dapat memindahkan mobilitas masyarakat dari kendaraan pribadi ke angkutan massal, sehingga dapat mengurangi kemacetan di Jakarta dan kota penyangga lainnya. “Karena kerugian negara akibat kemacetan hampir Rp100 triliun per tahun,” katanya.

Related Topics