NEWS

Denpasar Alami Kenaikan Harga Rumah Tertingi, Dampak Golden Visa?

Tren kenaikan harga rumah di Denpasar sejak awal 2023.

Denpasar Alami Kenaikan Harga Rumah Tertingi, Dampak Golden Visa?Pura Ulun Danu Bratan, Bali. (Wikivoyage)
20 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta,FORTUNE - Jelang akhir tahun, Denpasar menjadi kota yang mencatatkan kenaikan harga tahunan tertinggi sebesar 20,1 persen, diikuti Surakarta sebesar 8,3 persen dan Makassar sebesar 4,9 persen.

Hal tersebut tertuang dalam  Flash Report Rumah123.com edisi Desember 2023. Riset tersebut juga menunjukkan tren harga rumah di Indonesia secara nasional mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,2 persen pada bulan November 2023 dibandingkan sejak November 2022.

Senior Vice President Marketing 99 Group Indonesia, Bharat Buxani mengatakan, Denpasar dan Surakarta, dua kota yang memiliki potensi wisata, kearifan budaya serta didukung perkembangan infrastruktur, mengalami peningkatan signifikan dalam tren harga properti menjelang akhir tahun. Apalagi, regulasi yang mendukung pariwisata juga turut mendorong kenaikan harga rumah di kota tersebut.

“Dengan potensi puncak arus mudik dan aktivitas wisata pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) berpotensi menjadi dorongan tambahan bagi mereka yang berminat mencari tempat tinggal yang menawarkan keseimbangan antara kehidupan perkotaan sederhana, gaya hidup santai, kekayaan budaya tradisional dan keindahan alam,” kata Bharat melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (20/12).

Tren kenaikan harga rumah di Denpasar sejak awal 2023

WOOBAR Sunset Bali.
WOOBAR Sunset Bali. (Dok. W-Bali Seminyak)

Denpasar dan Surakarta juga tercatat memperoleh selisih kenaikan harga tertinggi di atas inflasi tahunan, masing-masing sebesar 17,6 persen dan 4,8 persen. Namun demikian, Denpasar telah konsisten mencatatkan pertumbuhan harga sejak awal tahun 2023 lalu, hal ini juga dipengaruhi pertumbuhan popularitas Bali yang terus meningkat sejak akhir tahun 2022 seiring beragamnya kebijakan dan insentif yang ditetapkan pemerintah terkait kepemilikan properti dan izin tinggal untuk WNA yang semakin meningkatkan daya tarik wilayah-wilayah di Bali sebagai tempat tinggal atau berinvestasi properti.

Pada Kuartal III 2023, pemerintah juga secara aktif melakukan Sosialisasi Regulasi Kepemilikan Hunian untuk Orang Asing di Jakarta. Kemudian juga terdapat Golden Visa, sebuah kebijakan yang ditujukan bagi Orang Asing berkualitas untuk mendukung perkembangan ekonomi negara yang resmi diberlakukan mulai 30 Agustus 2023. 

“Temuan ini memperlihatkan bahwa pertumbuhan median harga menunjukkan potensi yang berbeda dari masing-masing kota. Denpasar dan Jakarta Pusat memiliki potensi bagi kelas menengah, menengah atas dengan pertumbuhan harga signifikan pada luas bangunan yang lebih besar,” tutup Bharat.

Dari segi tipe, bangunan dengan luas 151-250 meter persegi, pertumbuhan median harga tertinggi tercatat di Denpasar, sebesar 11,5 persen. Sedangkan untuk luas bangunan lebih dari 251 meter persegi, paling tinggi tercatat di Jakarta Pusat, 8,8 persen

Related Topics