Comscore Tracker
NEWS

3 Cara Cek KIS Aktif atau Tidak secara Online

Cek status kepesertaan KIS dari rumah saja.

3 Cara Cek KIS Aktif atau Tidak secara Onlineilustrasi Kartu Indonesia Sehat (dok.BPJS Kesehatan)

by Surti Risanti

Ada cara cek KIS aktif atau tidak secara online tanpa harus bertatap muka atau datang ke kantor pelayanan. Hal ini merupakan inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah program Jaminan Kesehatan (JKN) yang dikhususkan bagi masyarakat kurang mampu dan peserta tidak dikenakan pungutan iuran per bulannya.

Tentu hadirnya KIS ini sangat membantu masyarakat di bidang pelayanan kesehatan. Untuk menggunakan KIS, Anda harus memastikan secara berkala status keaktifan kepesertaan.

Dikutip dari bpjs-kesehatan.go.id (9/11/22), Kepala Humas BPJS Kesehatan, M.Iqbal Anas Ma’ruf mengungkapkan bahwa masyarakat kini bisa mengecek status kepesertaan secara mandiri tanpa perlu datang ke kantor. 

Lantas, bagaimana cara cek KIS aktif atau tidak secara online? Berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek status kepesertaan.

Cara cek status kepesertaan KIS melalui aplikasi Mobile JKN

Handphone

Cara cek KIS aktif atau tidak adalah melalui aplikasi Mobile JKN. Opsi ini adalah pilihan yang paling mudah di antara yang lain. Untuk menggunakan aplikasi dari BPJS Kesehatan ini, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store maupun AppStore.

Berikut cara cek status kepesertaan melalui aplikasi Mobile JKN, di antaranya:

  1. Buka aplikasi mobile JKN pada ponsel Anda.
  2. Lakukan login dengan menggunakan NIK atau nomor kartu KIS dan masukkan password. Apabila Anda belum pernah membuatnya, Anda bisa melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu pada aplikasi.
  3. Masukkan captcha sesuai yang tertera di layar Anda, kemudian klik Login.
  4. Anda pilih opsi Peserta di aplikasi.
  5. Secara otomatis, halaman akan menampilkan informasi lengkap mengenai status keaktifan kepesertaan KIS dan data identitas diri.

Cara cek status kepesertaan KIS melalui layanan BPJS Kesehatan Care Center 165

Telepon

BPJS Kesehatan Cara Center 165 adalah sebuah layanan dari BPJS Kesehatan yang dapat tersambung lewat telepon rumah atau handphone. Layanan ini dibuka setiap harinya selama 24 jam.

Melalui layanan ini, Anda bisa mendapatkan informasi atau bertanya langsung apabila terdapat permasalahan di kemudian hari.

Di bawah ini adalah cara cek status kepesertaan KIS melalui layanan BPJS Kesehatan Care Center 165, simak selengkapnya:

  1. Hubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165 pada perangkat telepon Anda.
  2. Ketik angka 1 (satu) untuk memilih jenis layanan.
  3. Anda bisa pilih layanan status kepesertaan, ikuti arahannya.
  4. Anda akan diminta masukkan nomor peserta atau NIK beserta tanggal lahir.
  5. Pihak BPJS Kesehatan akan menyampaikan informasi mengenai status keaktifan kepesertaan KIS Anda.

Cara cek status kepesertaan KIS melalui layanan CHIKA (Chat Assistant JKN)

usaha promosi di media sosial

Cara cek KIS aktif atau tidak secara online dapat dilakukan melalui layanan CHIKA (Chat Assistant JKN). Ini merupakan sebuah layanan pesan otomatis yang terdapat di aplikasi media sosial BPJS Kesehatan.

Chat assistant ini tersedia di berbagai platform, seperti Facebook Messenger di facebook.com/BPJSKesehatanRI/, aplikasi pesan Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, dan aplikasi WhatsApp di nomor 08118750400.

Melalui ketiga media sosial tersebut, Anda bisa cek status kepesertaan KIS secara mandiri. Berikut langkah-langkah menggunakan layanan CHIKA:

  1. Anda bisa langsung hubungi CHIKA melalui Facebook Messenger, Telegram atau Whatsapp.
  2. Anda akan diarahkan pada pesan tersebut untuk memilih menu yang diinginkan. Pilih menu Cek Status Peserta.
  3. Kemudian, ketikkan nomor peserta KIS atau NIK.
  4. Masukkan juga tanggal lahir Anda sesuai dengan format yang diminta.
  5. Layanan CHIKA akan mengirimkan informasi mengenai status kepesertaan KIS Anda.

Itulah tadi cara cek KIS aktif atau tidak secara online. Meski demikian, pihak BPJS Kesehatan tetap membuka pelayanan offline bagi masyarakat yang belum familier dengan teknologi digital. Layanan tatap muka ini terdiri dari Mobile Customer Service (MCS), loket informasi dan penanganan pengaduan di rumah sakit, Mal Pelayanan Publik, hingga di kantor BPJS Kesehatan terdekat.
 

Related Articles