NEWS

3 Cara Cek KIS Aktif atau Tidak secara Online

Cek status kepesertaan KIS dari rumah saja.

3 Cara Cek KIS Aktif atau Tidak secara Onlineilustrasi Kartu Indonesia Sehat (dok.BPJS Kesehatan)
09 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada cara cek KIS aktif atau tidak secara online tanpa harus bertatap muka atau datang ke kantor pelayanan. Hal ini merupakan inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah program Jaminan Kesehatan (JKN) yang dikhususkan bagi masyarakat kurang mampu dan peserta tidak dikenakan pungutan iuran per bulannya.

Tentu hadirnya KIS ini sangat membantu masyarakat di bidang pelayanan kesehatan. Untuk menggunakan KIS, Anda harus memastikan secara berkala status keaktifan kepesertaan.

Dikutip dari bpjs-kesehatan.go.id (9/11/22), Kepala Humas BPJS Kesehatan, M.Iqbal Anas Ma’ruf mengungkapkan bahwa masyarakat kini bisa mengecek status kepesertaan secara mandiri tanpa perlu datang ke kantor. 

Lantas, bagaimana cara cek KIS aktif atau tidak secara online? Berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek status kepesertaan.

Cara cek status kepesertaan KIS melalui aplikasi Mobile JKN

Handphone
ilustrasi Handphone (unsplash.com/Jonas Leupe)

Cara cek KIS aktif atau tidak adalah melalui aplikasi Mobile JKN. Opsi ini adalah pilihan yang paling mudah di antara yang lain. Untuk menggunakan aplikasi dari BPJS Kesehatan ini, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store maupun AppStore.

Berikut cara cek status kepesertaan melalui aplikasi Mobile JKN, di antaranya:

  1. Buka aplikasi mobile JKN pada ponsel Anda.
  2. Lakukan login dengan menggunakan NIK atau nomor kartu KIS dan masukkan password. Apabila Anda belum pernah membuatnya, Anda bisa melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu pada aplikasi.
  3. Masukkan captcha sesuai yang tertera di layar Anda, kemudian klik Login.
  4. Anda pilih opsi Peserta di aplikasi.
  5. Secara otomatis, halaman akan menampilkan informasi lengkap mengenai status keaktifan kepesertaan KIS dan data identitas diri.

Cara cek status kepesertaan KIS melalui layanan BPJS Kesehatan Care Center 165

Telepon
ilustrasi telepon (unsplash.com/Julian Hochgesang)

Related Topics