NEWS

6 Negara Terancam Bangkrut, Termasuk Turki

Tingginya inflasi dan penumpukan utang luar negeri.

6 Negara Terancam Bangkrut, Termasuk Turkiilustrasi gelandangan (unsplash.com/Raitis Krikis)
14 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Selain Sri Lanka, ternyata ada beberapa negara lain yang terancam bangkrut. Hal ini terjadi karena negara tersebut mengalami angka inflasi yang tinggi.

Perlu diketahui, negara Sri Lanka dinyatakan mengalami kebrangkutan dikarenakan pemerintahnya gagal membayar utang luar negeri sebesar US$51 miliar.

Pada akhir Maret 2022, terjadi krisis di negara tersebut yang membuat rakyat menuntut Presiden Gotabaya Rajapaksa untuk mundur dari kursinya.

Kemudian, pada 13 April 2022, pemerintah Sri Lanka resmi menyatakan bangkrut dan mendesak seluruh warganya yang berada di luar negeri untuk bisa mengirimkan uang guna membeli kebutuhan pokok di negara.

Krisis yang terjadi di Sri Lanka membuat seluruh warganya, baik di dalam ataupun di luar negeri menjadi sengsara. 

Dilansir Apnews, Global Crisis Response Group menyatakan masih banyak negara rentan dengan krisis dan berujung seperti Sri Lanka.

Saat ini, 1,2 miliar orang di seluruh negara mengalami krisis karena biaya hidup. Kemudian, 1,6 miliar orang di 94 negara turut mengalami krisis lainnya seperti keuangan, pangan, dan energi.

Hal ini terjadi karena beberapa hal, yakni mulai dari pandemi Covid-19, hingga peperangan antara Rusia dan Ukraina yang berdampak pada lonjakan bahan bakar dan pangan.

Berikut ini beberapa negara yang terancam bangkrut dan mengalami risiko guncangan ekonomi.

Argentina

negara Argentina
ilustrasi negara Argentina (pexels.com/Rafael Guimarães)

Negara Argentina diprediksi mengalami inflasi lebih dari 70 persen di tahun 2022. Hal ini dikarenakan 4 dari 10 warganya tergolong sebagai warga miskin.

Selain itu, bank sentral Argentina telah kehabisan cadangan devisa dan membuat nilai mata uangnya melemah. 

Afghanistan

negara Afghanistan
ilustrasi Afghanistan (pexels.com/Suliman Sallehi)

Related Topics