7 Aplikasi Cek Kualitas Udara di HP, Instal Sekarang!

Instal aplikasi ini sebelum Anda keluar rumah!

7 Aplikasi Cek Kualitas Udara di HP, Instal Sekarang!
ilustrasi aplikasi cek kualitas udara (pexels.com/Charlotte May)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Belakangan muncul berita tentang polusi dan mungkin Anda akan membutuhkan aplikasi cek kualitas udara. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengetahui kualitas udara di kota tertentu, termasuk Jakarta.

Seperti yang diketahui, akhir-akhir ini kualitas udara di Jakarta kian memburuk. Bahkan, menurut Air Quality Index (AQI), Jakarta menduduki peringkat pertama sebagai kota dengan udara terburuk di dunia, Kamis (10/8/2023).

Kualitas udara yang kotor tentu memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat, terutama bagi Anda yang beraktivitas di ruangan terbuka.

Selain menggunakan masker atau menjaga kesehatan, hal lainnya yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kualitas udara di sekitar Anda menggunakan aplikasi

Berikut ini daftar aplikasi cek kualitas udara yang bisa digunakan di Android atau iPhone, baik berbayar maupun gratis. Cek sekarang, yuk!

1. Air Matters

ilustrasi Air Matters (dok. google play)

Aplikasi cek kualitas udara di HP pertama adalah Air Matters. Tersedia versi premium dengan harga tahunan dan gratis dengan didukung oleh iklan. 

Aplikasi ini akan menampilkan kualitas udara dari 180 negara secara real time. Nantinya, Air Matters akan menunjukkan indeks kualitas udara dari stasiun pemantauan terdekat.

2. IQAir AirVisual

ilustrasi IQAir AirVisual (dok. google play)

IQAir AirVisual dapat membantu Anda untuk memantau kualitas udara di kota Anda. Cara pemakaian sangat mudah, tentukan lokasi Anda terlebih dahulu. Setelahnya, aplikasi ini akan mengambil data polusi terdekat.

Data yang diberikan AirVisual lebih akurat karena informasi diambil dari situs pemerintah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur peta grafis untuk melihat kualitas udara di tempat-tempat tertentu.

3. Nafas

ilustrasi aplikasi nafas (dok. nafas)

Aplikasi cek kualitas udara di HP lainnya adalah Nafas. Aplikasi buatan pemuda Indonesia ini dirancang untuk membantu Anda mendapatkan informasi paparan polusi udara secara terkini.

Uniknya, aplikasi ini memiliki fitur Clean Air Zone yang memungkina pengguna untuk mengakses direktori lokasi publik dengan kualitas udara dalam ruangan yang sehat, seperti yoga, gym, studio, dan lainnya.

4. Air Quality & Pollen

ilustrasi Air Quality & Pollen (dok. google play)

Rekomendasi aplikasi cek kualitas udara lainnya adalah Air Quality & Pollen.Aplikasi besutan AirCare by EarthCare ini dapat membantu Anda untuk memantau kondisi udara di beberapa lokasi tertentu.

5. Plume Labs

ilustrasi Plume Labs (dok. plume labs)

Plume Labs merupakan aplikasi yang menampilkan kualitas udara di sejumlah kota-kota besar di seluruh dunia. Keunggulan dari aplikasi ini adalah data yang diberikan akan diperbarui setiap jamnya, sehingga lebih akurat.

Di samping itu, Plume Labs juga dapat membantu Anda merekomendasi kapan waktu terbaik untuk beraktivitas di luar rumah.

6. Shoot! I Smoke 

ilustrasi Shoot! I Smoke (dok google play)

Shoot! I Smooke dapat membantu Anda untuk mengetahui kualitas udara lebih detail. Aplikasi ini banyak digunakan di sejumlah media besar karena pendekatannya yang unik. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengetahui kualitas udara dari tingkat polutannya.

7. BrezzoMeter

ilustrasi BrezzoMeter(dok. breezometer)

Aplikasi cek kualitas udara di Android maupun iOS lainnya adalah  BrezzoMeter. Aplikasi ini menampilkan data secara akurat dan real-time.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi, mulai dari kualitas udara, peringatan kebakaran, hingga cuaca.

Itulah tadi sejumlah aplikasi cek kualitas udara di HP yang bisa Anda gunakan. Unduh sekarang sebelum Anda keluar rumah, ya!

Related Topics

Kualitas UdaraPolusi

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu