Comscore Tracker
TECH

Pindad Luncurkan Kendaraan Taktis Militer Terbaru

Kendaraan ini juga dirancang untuk pasar selain militer.

Pindad Luncurkan Kendaraan Taktis Militer TerbaruTampilan MV2 4x4 saat peluncurannya, Senin (2/8). (Dok. Pindad)

by BayuBayu

Jakarta, FORTUNE - PT Pindad (Persero) memperkenalkan kendaraan terbarunya MV2 4x4. Walaupun sekilas terlihat sama seperti Maung, namun inovasi anyar ini memiliki spesifikasi yang berbeda dari pendahulunya tersebut.

"Ini adalah momen. Kesempatan kita untuk membuktikan kemampuan inovasi yang ada di Pindad dijaga dan jangan sampai hilang,” ujar Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose, melalui keterangan tertulis, Rabu (4/8).

Diluncurkan pada Senin (2/8), MV2 4x4 merupakan pengembangan terbaru dengan prototipe awal berwarna biru muda. Tampilannya menyerupai Maung, tetapi desain dan interiornya tampak lebih modern dan futuristik. 

MV2 4x4 dilengkapi lampu LED pada bagian depan dan bar atap untuk membantu pencahayaan pada saat menjelajah medan minim cahaya. Bumper depan dilengkapi dengan alat derek (Winch).

Kendaraan operasi modern ini, juga dirancang untuk memenuhi pasar di luar militer, memiliki panjang 5,2 m, lebar 2 m, dan tinggi 1,8 m. Beban yang ditanggung mencapai 3,2 ton. Seperti Maung, MV2 4x4 menggunakan ban berukuran 35 x 12.50 R17. Sementara, suspensi depan independent, double wishbone, dan bagian belakang 4-link with coilover shock

Pada akun instagram resminya, Pindad mengungkapkan MV2 4x4 bersandar pada mesin diesel berkekuatan 136 tenaga kuda pada putaran 3.200 rpm dan torsi maksimum 385 Nm yang terasa mulai 1.600 hingga 2.600 rpm. Transmisi yang digunakan adalah model manual dengan jumlah percepatan 6 maju dan 1 mundur. 

VP Inovasi PT Pindad (Persero), Windu Paramartha, mengatakan MV2 4x4 diharapkan dapat menjadi bukti bangsa Indonesia mampu menghasilkan produk berkualitas. “Harapannya, tidak hanya produk ini saja yang bisa kita berikan tetapi juga produk-produk lain yang nantinya bisa mendukung Pindad untuk menjadi sebuah industri ternama, terdepan, dan mampu bersaing di kancah pasar global,” ucapnya.

Related Topics

Related Articles