Comscore Tracker
TECH

Ada Fitur Ukur Tekanan Darah, Huawei Watch D Resmi Diluncurkan

Hadirkan teknologi mini pump untuk mengukur tekanan darah.

Ada Fitur Ukur Tekanan Darah, Huawei Watch D Resmi DiluncurkanHuawei Watch D/Dok. Huawei

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang tidak disadari oleh sebagian besar penderitanya, oleh karena itu penyakit ini dikenal sebagai “the silent killer”, hipertensi juga dikenal sebagai kontributor utama untuk penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) mengungkap kenaikan prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 8,3 persen dibandingkan dengan tahun 2013. Dari data ini, diperkirakan hanya 1/3 kasus yang terdiagnosis di Indonesia. 

dr. Vito Damay, Sp.JP(K), M.Kes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah mengatakan, memantau tekanan darah secara rutin merupakan salah satu langkah preventif yang dapat dilakukan.

“Memantau tekanan darah secara rutin penting dilakukan pada yang muda juga apalagi pada orang yang sudah memiliki riwayat tekanan darah tinggi sebagai evaluasi dan monitor pola hidup sehat yang dilakukan atau evaluasi pengobatan," ujarnya.

Sebagai penunjang kesehatan untuk pengukuran tekanan darah, Huawei menawarkan solusi inovatif dengan meluncurkan Huawei Watch D. Jam tangan pintar ini digadang sebagai solusi inovatif pengukuran tekanan darah rutin yang sering kali terlupa karena kesibukan dan mobilitas sehari-hari. 

Patrick Ru, Country Head Huawei Device Indonesia mengatakan, menghadirkan inovasi produk yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia merupakan salah satu dari fokus utama Huawei Device Indonesia.

"Kami melihat pentingnya pemantauan kesehatan secara rutin untuk mencegah bahaya berkelanjutan dari hipertensi. Kehadiran inovasi pengukuran tekanan darah yang akurat melalui produk wearables yang cerdas memberikan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan pengguna," ujarnya dalam peluncuran Huawei Watch D secara virtual, Senin (29/8).

Tidak hanya itu, fitur kesehatan lain yang tersedia dalam jam pintar ini juga mendukung pengguna untuk bisa menerapkan gaya hidup sehat untuk kehidupan yang lebih berkualitas.”

Unggulkan fitur penunjang kesehatan

Perangkat terbaru dari Huawei ini hadir sebagai jam tangan pintar pertama di dunia yang disematkan alat pompa mini atau teknologi micropump untuk pengukuran tekanan darah secara presisi.

Huawei mengklaim berkat sensor tekanan beresolusi tinggi, feedback pressure control circuit, dan saluran udara aliran rendah dari Huawei Watch D, memastikan akurasi sistem pengukuran tekanan darah dengan margin of error sebesar ±3mmHg setara dengan alat pengurusan tensi digital di pasaran sekarang ini. Teknologi yang disematkan ini memungkinkan pengguna untuk mengukur tekanan darah kapan saja dan di mana saja secara praktis.

Selain itu, Huawei Watch D juga dilengkapi fitur pengukuran EKG (kesehatan ritme jantung) dan memonitor Sp02 serta detak jantung setiap saat. Ada pula fitur pemantauan kualitas tidur secara ilmiah, SpO2, mendeteksi suhu kulit, pemantauan tingkat stres, dan dilengkapi dengan lebih dari 70 mode olahraga. Untuk ketahanan baterainya, smartwatch ini juga digunakan selama 7 hari.

“Kami berharap produk ini dapat menjadi solusi bagi para pelanggan kami di Indonesia untuk menjaga kesehatan terutama sebagai salah satu langkah pencegahan hipertensi dan penerapan gaya hidup yang lebih sehat,” tutup Patrick. 

Baterai dari perangkat terbaru dari Huawei diklaim dapat bertahan hingga selama 7 hari. Produk ini dijual dengan harga spesial, yaitu Rp5,4 juta. Bersamaan dengan smartwatch terbaru, Huawei juga meluncurkan HUAWEI FreeBuds Pro 2, perangkat TWS premium terbaru seharga Rp2,7 juta dengan bonus HUAWEI Band 7 senilai Rp699 ribu. 

Related Topics

Related Articles