Comscore Tracker
TECH

Angin Segar Industri Musik, Spotify Berencana Hadirkan Fitur NFT

Netflix buka peluang pendapatan artis via streaming NFT.

Angin Segar Industri Musik, Spotify Berencana Hadirkan Fitur NFTShutterstock/Djile

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Seiring meningkatnya popularitas Non-Fungible Token (NFT), platform musik ternama Spotify menyiapkan rencana untuk menambahkan teknologi blockchain serta NFT ke layanan streaming-nya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan artis melalui penambahan teknologi NFT dalam aktivitas streaming.

Dilansir dari Bitcoinist pada Jumat (18/3) Spotify mengungkapkan, bahwa perusahaan berencana untuk memperkuat daya saingnya di industri dengan menawarkan NFT sebagai segmen layanannya. 

Langkah Spotify membawa angin segar dan antusiasme ke industri musik dan kripto. Misalnya, beberapa iklan pekerjaan menggambarkan bahwa Spotify mengharuskan orang tampil untuk meluncurkan peta jalan "web3". 

Web3 sendiri adalah kata kunci teknologi untuk fase internet yang diberdayakan oleh blockchain. Beberapa pecinta kripto percaya untuk bersaing dengan manajemen platform teknologi kuat yang mengungguli posisi mereka di internet saat ini. 

Peluang musik dalam tren NFT

Mark Zuckerberg , CEO Meta, telah mengangkat pendekatan serupa dengan mengatakan bahwa Instagram akan segera mengakui NFT sebagai bagian dari transaksi bisnis. Selain dua entitas di atas, media sosial lainnya, Twitter dan Reddit, mungkin berencana untuk menambahkan NFT sebagai bagian dari fasilitas mereka. 

Menurut matriks NFT, karya seni visual, game, dan barang koleksi senilai US$17,7 miliar diperdagangkan tahun lalu. Oleh karena itu, banyak orang percaya bahwa langkah terbaru yang diambil oleh ruang musik dapat meningkatkan pertumbuhan NFT, yang saat ini menurun dengan cepat .       

Aplikasi ini dapat menarik pengguna dengan menawarkan beberapa manfaat menarik seperti menjual dan membeli intisari digital, merchandise, dan tiket di belakang panggung sebagai tanggapan atas penggunaan Non Fungible Token (NFT). Snoop Dogg dan DJ Steve Aoki sudah memaksa pengagum mereka untuk bertransaksi NFT. Selain itu, Kings of Leon dan Grimes telah menukar NFT dengan lagu mereka. 

Persiapan jelang Spotify hadirkan fitur NFT

Jelang hadirnya fitur baru, Spotify memasang iklan rekrutmen karyawan baru-baru dan akan menciptakan tim untuk pertumbuhan eksperimental.

Iklan tersebut menjelaskan tanggung jawab penuh anggota tim kecil untuk mempercepat pengembangan di sektor kripto. Spotify juga mengiklankan daftar pekerjaan yang menyatakan persyaratan tim untuk futuris dan memiliki pengawasan dalam strategi jangka panjang, industri, keunggulan kompetitif, bagian bisnis dari desain intelijen Spotify Moonshots. 

Spotify sedang mencari manajer senior untuk melihat intelijen pasar dan mencari pertumbuhan eksponensial dalam peluang untuk Spotify. 

Daniel Ek, CEO Spotify, menjelaskan kepada siaran digital bahwa izin pelanggan untuk menggunakan cryptocurrency dapat mendorong mereka untuk menyukai Spotify. 

“Itu dapat membuka pintu terbuka yang sangat besar di mana entah dari mana, klien di Jepang dapat membayar pembuat di Argentina. Terlebih lagi, itu membuka pintu terbuka yang luar biasa untuk bagaimana kita dapat memajukan tujuan utama kita,” kata Daniel Ek.

Related Articles