Comscore Tracker
TECH

6 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Sebagai Tambahan Penghasilan

TikTok memiliki fitur untuk imbalan.

6 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Sebagai Tambahan PenghasilanIlustrasi TikTok. Shutterstock/Nattakorn Maneerat

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Dalam era digital ini, cara mendapatkan uang semakin beragam. Banyak platform dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan, dan salah satunya adalah aplikasi TikTok.

Kepopuleran TikTok, tidak bisa diingkari, telah melejit cepat sejak platform berbagi video pendek itu menjalani debutnya pada 2016.

Saat ini banyak seleb TikTok atau TikTokers maupun influencer yang berhasil mengantongi banyak uang melalui akun TikTok mereka. Sebenarnya bukan mereka saja yang dapat mengambil untung, tapi Anda juga bisa melakoninya.

Ada beragam cara menghasilkan uang dari TikTok.  Berikut beberapa langkahnya:

TikTok Shop dan cara daftarnya

Pada dasarnya, TikTok Shop ini sama seperti platform belanja online lain. Dan menurut informasi pada laman TikTok Shop Academy, Anda hanya perlu mendaftar untuk dapat berjualan melalui aplikasi TikTok.

Berikut tahapan pendaftarannya:

  1. Buka laman https://seller-id.tiktok.com/account/register
  2. Masukkan data-data yang diminta sistem
  3. Klik submit setelah mengisi data
  4. Sebagai opsi lain, Anda juga bisa mendaftar dengan menggunakan akun TikTok
  5. Setelah mendaftar, Anda akan dibawa ke laman “Add First Product”
  6. Lalu, isi dokumen persyaratan yang diminta Terakhir, masukkan akun bank Anda

Siaran langsung lewat TikTok

TikTok mempunyai fitur TikTok Live yang dapat dimanfaatkan para pengguna dan kreator untuk berinteraksi secara real time.

Secara garis besar, begini cara kerjanya: uang akan mendatangi Anda melalui gift penonton yang menyaksikan siaran langsung pada akun Anda. Mereka dapat mengapresiasi konten tersebut dengan mengirim gift yang berwujud koin TikTok.

Koin tersebut baru bisa diperoleh pengguna ketika melakukan top up. Gift yang diberikan oleh penonton nantinya akan dihitung sebagai penghasilan kreator atau streamer.

Untuk melakukan live streaming, Anda hanya memerlukan akun TikTok terlebih dahulu. Namun, syarat utama yang harus dipenuhi adalah memiliki minimal 1.000 pengikut (followers).

Cara dapat uang lewat TikTok Affiliate

TikTok Affiliate adalah program yang menghubungkan kreator dengan penjual (seller). Dalam program ini, kreator mencantumkan tautan pada konten video yang ditampilkan.

Jika ada pengguna lain yang mengeklik dan melakukan transaksi melalui tautan tersebut, kreator akan mendapat komisi. Untuk mendaftarkan produk ke TikTok Affiliate, seller dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan akun TikTok Shop Anda pada Seller Center
  2. Klik tulisan “Affiliate Marketing”
  3. Buatlah produk Anda agar dapat diiklankan orang lain.

Ketika produk telah diaktifkan lewat fitur Affiliate, maka kreator nantinya bisa mendaftar sebagai pengiklannya. Berikut langkah mendaftar TikTok Affiliate bagi para kreator:

  1. Kunjungi situs berikut https://shop.tiktok.com/streamer/welcome
  2. Masukkan akun TikTok Anda
  3. Minta persetujuan untuk menjual produk
  4. Berikan informasi terkait kontak Anda
  5. Tambahkan produk Minta contoh barang dan jual produk tersebut.

Sponsored content post

Jika YouTube menawarkan bayaran dari iklan AddSense, TikTok tidak begitu karena memiliki mekanisme berbeda. Salah satu metodenya adalah dengan sponsored content post yang mana Anda berlaku sebagai influencer TikTok, dan dapat mempromosikan brand tertentu.

Metode di atas dianggap paling pas untuk mendapatkan uang dari TikTok, apalagi bagi Anda yang telah memiliki followers ribuan atau lebih. Karena itu, sebelum dapat menerima tawaran sponsored content post, Anda harus berupaya meningkatkan jumlah followers.

TikTok Marketing

Aplikasi TikTok Marketing ditujukan bagi pemilik brand dan ingin menarik konsumen dari aplikasi ini. Cara promosi yang paling ampuh pada platform ini adalah dengan TikTok Ads.

Proses pembangunan TikTok Marketing serupa dengan Facebook Ads atau Instagram Ads. TikTok memiliki algoritme yang sanggup membantu iklan Anda “terlihat” oleh sasaran yang diinginkan. Anda dapat membangun bisnis yang berfokus pada bidangnya masing-masing, sehingga iklan dapat menjangkau pengguna yang memiliki minat terkait.

Jadi konsultan TikTok

Nah, kalau langkah awal tadi sudah Anda akukan dengan sangat baik, Anda mungkin dapat dianggap sebagai ahli tentang TikTok. Jika sudah begitu, Anda dapat membuka peluang untuk menjadi konsultan TikTok.

Wajar kalau banyak yang akan membutuhkan bimbingan Anda karena banyak pihak telah memandang Anda memahami semua hal-ihwal TikTok. Mungkin saja ada orang atau perusahaan yang akan mempekerjakan Anda sebagai konsultan TikTok.

Anda akan dibayar untuk membantu mereka membuat strategi pemasarannya pada TikTok. Tujuannya adalah agar mereka bisa membangun merek dan meningkatkan pengikutnya.

 

Related Topics

Related Articles