Comscore Tracker
TECH

Isu Resesi, Startup DailyBox Optimistis Lanjutkan Ekspansi pada 2023

Pendapatan Dailybox naik dua kali lipat pada 2022.

Isu Resesi, Startup DailyBox Optimistis Lanjutkan Ekspansi pada 2023Central Kitchen Dailybox Group/Dok. Dailybox Group

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Dailybox Group optimistis dapat melanjutkan ekspansi pada tahun ini meski terdapat isu resesi. Terlebih, perusahaan rintisan makanan dan minuman (F&B) multiplatform itu mengaku telah menorehkan sejumlah metrik bisnis yang positif tahun lalu.

Dalam siaran persnya, grup Dailybox menyatakan berhasil meraih pendanaan seri B senilai US$24 juta atau setara dengan Rp355 miliar pada 2022. Usai beroleh dana segar, perusahaan itu menyatakan berhasil membukukan kenaikan pendapatan 2 kali lipat sepanjang tahun.

Presiden Direktur Dailybox Group, Kelvin Subowo, mengatakan dapur terpusat perusahannya telah menyajikan sekitar 7 juta porsi makanan bagi para pelanggannya. Sementara itu, brand perusahaan telah hadir pada lebih dari 300 titik di seluruh Indonesia.

Menurutnya, capaian positif tersebut tidak dapat dilepaskan dari taktik perusahaan dalam menjalankan dapur sentral dengan teknologi terkini, membangun jaringan distribusi rantai dingin yang  kuat, serta memperkuat sumber daya manusianya, plus strategi penjualan secara luring dan daring.

“Dailybox Group telah berkembang menjadi start-up F&B multiplatform. Strategi ini bertujuan untuk menyeimbangkan kehadiran brand Dailybox Group pada platform online dan offline. Hal ini kami lakukan untuk menjaga harga yang kompetitif demi menekan tingginya biaya jasa layanan-antar makanan,” kata Kelvin dalam pernyataan resmi.

Rencana 2023

Isu resesi kian santer memasuki 2023, menurut Kelvin. Namun, dia menyatakan perseroan akan terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya lewat program kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk pelaku UMKM dalam industri makanan dan minuman.

“Kami mendukung program pemerintah dalam akselerasi UMKM sebagai ‘obat mujarab’  untuk menghadapi resesi. Sektor UMKM terbukti secara parsial mampu membuka lapangan kerja baru,” ujarnya.

Head of Product Dailybox Group, Arcad Fadillah, menyatakan perusahaan itu akan menghadirkan sejumlah inovasi produk makanan dan minuman pada 2023. Dengan sejumlah brand baru, kata dia, kapasitas produk dapur sentral pun akan meningkat menjadi 16 juta porsi per tahun.

Dailybox Group akan menghadirkan menu Tiantea dan Ayam Amana. Tiantea, misalnya, adalah brand minuman pertama Dailbox Group, gabungan minuman teh dengan susu isi buah.

Untuk menghadirkan menu tersebut, Dailybox menggunakan mesin penyeduh daun teh otomatis untuk menjaga konsistensi rasa. Tiantea rencananya akan hadir di 50 titik di Indonesia. 

Menu Ayam Amana merupakan hasil dari kolaborasi dengan pesohor Anang Hermansyah, Ashanty dan Atta Halilintar. Menu itu merupakan olahan ayam goreng dipadukan dengan sambal. Ayam Amana akan hadir di Jakarta, Medan, dan di 100 titik lainnya dengan sejumlah outlet yang akan buka 24 jam.  

Related Topics

Related Articles