Comscore Tracker
TECH

Mirip Close Friends di Instagram, Twitter Uji Coba Fitur Circle

Fitur Twitter Circle berlaku untuk 150 teman terdekat.

Mirip Close Friends di Instagram, Twitter Uji Coba Fitur CircleAplikasi Twitter. (Shutterstock/Sattalat Phukkum)

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Twitter Inc. mengumumkan tengah melakukan uji coba fitur baru pada platform-nya. Kali ini, media sosial tersebut sedang menjajaki fitur Circle.

Dikutip dari Tech Crunch, Jumat (6/5) fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menuliskan cuitan khusus bagi 150 teman terdekat saat pengujian berlangsung. Circle versi Twitter ini dianggap mirip dengan fitur Close Friends di Instagram.

“Kami tengah menguji Twitter Circle, yang memungkinkan Anda menambahkan hingga 150 orang yang dapat melihat tweet Anda saat Anda ingin berbagi dengan lebih sedikit orang,” tulis Twitter dalam pernyataan resminya.

Layanan jejaring sosial dan mikrobolog itu menyebut sejumlah pengguna sudah bisa mulai mencoba fitur Circle.

Redaksi Fortune Indonesia pun mencoba fitur baru tersebut. Circle dapat diakses di tombol untuk menuliskan cuitan. Nantinya, di bagian sebelah kiri atas akan tersedia pilihan tweet untuk semua orang (everybody) atau hanya Twitter Circle.

Pengguna bisa menambahkan sejumlah teman terdekat yang hendak dimasukkan ke lis Twitter Circle.

Fenomena “Close Friends”

Aplikasi media sosial di ponsel Android. Shutterstock/TY Lim.

Twitter mengatakan fitur ini masih dalam tahap awal. Itu sebabnya hanya sejumlah pengguna yang memiliki akses ke fitur tersebut. 

Meski demikian, bagi pengguna yang belum beroleh akses Twitter Circle, mereka dapat melihat tweet dari pengguna lain yang memiliki fitur tersebut. Itu berlaku selama pengguna masuk dalam Twitter Circle pengguna lainnya.

Jika pengguna membuat Twitter Circle, Twitter akan menyarankan untuk menambahkan teman dekat yang sering berinteraksi. Pengguna juga dapat menambahkan orang yang tidak mengikutinya, namun mereka mungkin tidak akan dapat melihat tweet pengguna terkait.

Platform media sosial belakangan memang menyediakan fitur memungkinkan unggahan yang dapat dilihat oleh teman terdekat, menurut laman Protocol. Instagram, misalnya yang menambahkan Close Friends pada 2018. Sedangkan, Snapchat menyediakan cerita pribadi (private stories) pada 2019.

Adapun, TikTok memiliki opsi hanya teman (friends only) untuk video berdurasi pendek. Facebook pun menawarkan berbagai cara untuk mengelola teman melalui daftar.

Twitter  diketahui telah lama mengerjakan fitur serupa. Mereka pertama kali mengembangkan fitur tersebut yang diberi nama “Trusted Friends” Juli tahun lalu. Lalu, fitur tersebut sempat disebut “Flock”.

Related Articles