Comscore Tracker
TECH

Startup Energi Terbarukan Xurya Raih Dana Rp510 M dari Investor Jepang

Xurya memiliki misi memperluas pemanfaatan PLTS.

Startup Energi Terbarukan Xurya Raih Dana Rp510 M dari Investor JepangPekerja energi alternatif turbin angin dan panel surya. Shutterstock/AlessandroBiascioli

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – PT Xurya Dana Indonesia, perusahaan rintisan penyedia jasa sewa dan instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), meraih pendanaan dari raksasa Jepang, Mitsui & Co., dan PT Surya Semesta Internusa Tbk.

Sebelumnya, Xurya mendapat pendanaan seri A senilai US$21,5 juta pada Desember 2021 dari East Ventures (Growth fund), Saratoga, Schneider Electric, dan New Energy Nexus. Dengan pendanaan terbaru, startup tersebut mengantongi total pendanaan US$33 juta atau sekitar Rp510 miliar.

“Kami sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Mitsui, Surya Semesta Internusa serta para partner kami dan customer Xurya,” kata Managing Director dan Co-Founder Xurya, Eka Himawan, dalam keterangan yang dikutip Jumat (21/10).

Dana akan dialokasikan untuk perluasan pembangunan PLTS demi mempercepat transisi energi bersih dan berkelanjutan bagi perusahaan di Indonesia. Mitsui dan Surya Semesta Internusa merupakan partner strategis Xurya untuk menjangkau perusahaan-perusahaan di dalam negeri.

Hingga September 2022, kata Himawan, Xurya telah mengoperasikan PLTS Atap pada lebih dari 60 perusahaan, dan tengah melakukan pemasangan pada lebih dari 40 perusahaan lainnya.

Rencana Xurya

Ilustrasi sumber energi terbarukan.

Dana segar juga akan digunakan untuk mengembangkan teknologi serta menambah sumber daya manusia demi mendongkrak kinerja perusahaan dalam mempercepat EBT di Indonesia.

“Terutama saat ini, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menargetkan bauran energi baru dan terbarukan mencapai 23 persen di tahun 2025,” ujarnya.

Presiden Direktur Surya Semesta Internusa, Johannes Suriadjaja, menyatakan pendanaan merupakan bentuk dukungan perusahaan untuk mempercepat pemanfaatan EBT melalui instalasi solar panel termasuk di kawasan industri. Menurutnya, ini juga menjadi komitmen perseroan dalam menciptakan kawasan industri yang inklusif dan berkelanjutan.

GM Divisi Bisnis Hilir Baru. Mitsui & Co., Hiromu Kayamori, Ltd., mengatakan perusahaannya berkomitmen mengembangkan dan mempromosikan teknologi dan bisnis baru yang mengurangi dampak lingkungan secara global.

“Kami bertujuan untuk berkontribusi pada pertumbuhan Xurya dan dekarbonisasi Indonesia dengan memanfaatkan keahlian kami yang dikembangkan di seluruh dunia dan jaringan kami yang luas di Indonesia," ujar Hiromu.

Related Articles