Comscore Tracker
TECH

Pengertian BIOS dan Fungsinya untuk Komputer

BIOS untuk atur konfigurasi dan informasi dasar komputer.

Pengertian BIOS dan Fungsinya untuk Komputerilustrasi sistem komputer (unsplash.com/Clement Helardot)

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Basic Input Output System atau BIOS adalah sebuah sistem dasar sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengatur proses input dan output data pada sebuah computer. BIOS disimpan dalam sebuah chip pada mainboard yang disebut dengan ROM.

BIOS memiliki fungsi yang cukup penting pada sistem komputer. Tanpa adanya sistem BIOS, komputer tidak akan dapat beroperasi secara normal dan bahkan tidak dapat hidup sama sekali, sebab program ini berfungsi sebagai pengatur dari perangkat keras komputer

Meski demikian, sejumlah pengguna komputer jarang mengoperasikannya terkecuali apabila komputer tersebut mengalami masalah atau akan melakukan installasi sistem operasi.

BIOS untuk atur konfigurasi dan informasi dasar komputer

keyboard laptop/komputer

Fungsi utama dari BIOS ialah sebagai pengatur awal dari komputer. Sistem itu akan memeriksa dan memastikan kesiapan dari perangkat keras yang terpasang pada motherboard. Selain itu, BIOS juga akan memastikan sistem operasi sudah benar - benar siap dan terpasang pada memori penyimpanan

BIOS juga berfungsi untuk menampilkan informasi dasar kepada pengguna mengenai spesifikasi – spesifikasi hardware yang terpasan pada komputer.

Selain memberikan informasi dasar sistem komputer, BIOS juga dapat digunakan untuk mengatur konfigurasi dasar sistem komputer. Saat kita baru membeli komputer dan menyalakannya untuk pertama kalinya, pengguna bisa melihat konfigurasi dasar sistem komputer. Selain itu BIOS juga digunakan untuk mengatur waktu dan tanggal serta proses booting komputer.

Untuk menjalankan power on self test dan sistem operasi komputer

database adalah kumpulan data pada komputer

Fungsi BIOS yang tidak kalah penting adalah sebagai sarana untuk menjalankan perintah power on self test. Perintah ini digunakan agar pengguna dapat mengetahui tingkat compatibelitas sistem operasi yang nanti dapat digunakan pada komputer tersebut.

Selain itu, saat awal pengoperasian komputer, program pertama yang berjalan pada komputer adalah BIOS, program ini selanjutnya akan mengecek kesiapan dari sistem operasi yang tersimpan dalam harddisk untuk selanjutnya dimuat dan dijalankan.

Pada saat komputer sudah hidup sempurna, pengguna kadang ingin melakukan pengaturan perangkat – perangkat keras yang terpasang pada komputer. BIOS sebagai program dasar memiliki peran penting pada proses ini untuk membantu sistem operasi maupun aplikasi dalam mengatur hardware – hardware komputer.

Related Topics

Related Articles