Comscore Tracker
TECH

Co-working Space Adalah: Pengertian dan Kegunaannya

Ini manfaat dan fasiltias co-working space.

Co-working Space Adalah: Pengertian dan Kegunaannyailustrasi menggunakan payment gateway (unsplash.com/Zyro)

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Bagi kita yang bekerja secara mobile dan bisa di mana saja, mungkin co-working space cocok untuk kegiatan kerja kita. Co-working space berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda.

Biasanya, co-working space digunakan dalam individu, komunitas hingga sejumlah divisi perusahaan. Tak jarang pekerja startup juga sering menggunakan co-working space. Biasanya dalam satu lingkungan coworking space terdapat satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama dan ruangan-ruangan.

Mark Corbett, Co-founder dari Pace Ventures pada theguardian.com menyatakan, co-working space muncul sebagai alternatif dari ruang di gedung perkantoran yang relatif mahal. Kebutuhan atas ruang kerja muncul karena banyak bisnis startup dan semakin diminatinya freelance job.

Manfaat Co-working Space

Ruang makan pribadi untuk rapat atau acara-acara privat.

Co-working space memiliki sejumlah manfaat dan keunggulan dalam berbisnis. Salah satunya ialah terciptanya jaringan komunikasi dan kolaborasi antar pengguna. Dengan adanya co-working space sebagai tempat enterpreneurs berkumpul, para pengguna co-working space akan memiliki lebih banyak kenalan bisnis yang bisa dijadikan rekan bisnis, klien, ataupun teman diskusi.

Dengan adanya kenalan dan kemungkinan berkolaborasi, bisnis bisa berkembang dengan jauh lebih pesat karena banyaknya kesempatan dan juga inspirasi yang didapatkan dari lingkungan yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, co-working Space juga menjadi solusi atas permasalahan biaya operasional gedung yang semakin mahal. Karena kantor sudah disediakan oleh penyedia co-working space, pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa gedung, membeli furniture seperti kursi dan meja, membayar internet pengelolaan kantor (maintenance), ataupun mempekerjakan resepsionis atau keamanan. Pengguna bisa langsung bekerja dan fokus melakukan bisnis.

Fasilitas Co-working Space

Shutterstock/Rawpixel.com

Saat ingin bekerja, tentu kita mengharapkan fasilitas yang memadai. Oleh karena itu, biasanya penyedia co-working space sudah menyediakan fasilitas esensial untuk bisnis selain tempat bekerja seperti koneksi internet, meeting room untuk bertemu dengan klien dan juga diskusi tim, serta minuman seperti air mineral, teh, dan kopi.

Pengguna ruangan juga akan dibantu oleh resepsionis profesional untuk penerimaan surat dan paket yang masuk. Sebagian co-working space juga menyediakan alamat virtual untuk keperluan legalitas.

Dengan begitu, tentunya co-working space bisa digunakan untuk siapa saja, baik pekerja professional maupun freelance. Selain itu, bisnis konvensional pun bisa saja memanfaatkan komunitas dari co-working space untuk keperluan diskusi dan juga kerja sama bisnis.

Related Articles