Comscore Tracker
TECH

Cara Keluar Grup WA Tanpa Ketahuan dengan Mudah

Simak berbagai fitur terbaru dari Whatsapp.

Cara Keluar Grup WA Tanpa Ketahuan dengan Mudahilustrasi aplikasi whatsapp (unsplash.com/Dimitri Karastelev)

by Surti Risanti

Pihak Whatsapp (WA) telah mengumumkan fitur cara keluar grup WA tanpa ketahuan. Selain itu, ada berbagai fitur-fitur terbaru lainnya yang bisa Anda gunakan di aplikasi ini. 

Pada umumnya, saat salah satu anggota grup keluar dari ruang obrolan, akan muncul notifikasi atau keterangan pengguna tersebut telah meninggalkan ruang obrolan pada kolom chat. 

Namun, baru-baru Whatsapp luncurkan fitur keluar grup tanpa notifikasi dan beberapa fitur terbaru lainnya. Apa saja itu? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Fitur terbaru Whatsapp

aplikasi Whatsapp

Bos Meta, Mark Zuckerberg, merilis beberapa fitur terbaru yang terdapat pada Whatsapp. Tentu saja fitur tersebut bisa membantu para penggunanya untuk lebih leluasa dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Ada beberapa fitur yang diluncurkan oleh Mark Zuckerberg, di antaranya sebagai berikut:

  • Keluar dari grup Whatsapp tanpa adanya notifikasi
  • Bisa mengontrol siapa saja yang melihat Anda sedang online
  • Pemblokiran tangkapan layar atau screenshot untuk pesan sekali lihat saja.

Hal ini dilakukan Mark untuk melindungi para pengguna Whatsapp, menjaga data pribadi dengan aman, dan membuat percakapan selayaknya pertemuan tatap muka.

Adapun fitur keluar dari grup WA tanpa ketahuan ini baru dirilis oleh induk perusahaan Whatsapp, yakni Meta, pada awal Agustus 2022 lalu.

Namun, fitur tersebut baru bisa ditambahkan pada ponsel sekitar akhir September 2022.

Fitur keluar grup tanpa notifikasi tersedia di Android lebih awal dibanding iPhone, yakni pada 30 September dengan versi aplikasi WhatsApp 2.22.20.79.

Menyusul setelahnya pada 4 Oktober 2022, fitur tersebut tersedia di iPhone versi aplikasi WhatsApp 22.20.75.

Cara keluar dari grup Whatsapp tanpa ketahuan

Grup Whatsapp

Sebelum Anda mengetahui cara keluar dari grup WA tanpa ketahuan, pastikan Anda telah memiliki aplikasi Whatsapp versi terbarunya, baik itu pengguna Android atau iPhone.

Simak langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan fitur tersebut:

  • Buka ruang obrolan grup WA yang ingin Anda tinggalkan melalui ponsel
  • Kemudian, klik nama grup tersebut yang terdapat di bagian atas ruang obrolan
  • Anda bisa pilih setelan halaman profil grup Whatsapp yang telah dibuka
  • Gulir ke bagian bawah dan klik pilihan Keluar dari Grup atau Exit Group
  • Setelah mengetuk pilihan tersebut, Anda akan langsung keluar dari grup Whatsapp tanpa adanya notifikasi di ruang chat. 

Sebelum adanya fitur ini, pengguna yang keluar dari sebuah grup Whatsapp akan memunculkan notifikasi atau pemberitahuan kepada anggota lain di ruang obrolan tersebut. 

Adapun notifikasi yang muncul seperti ABC left atau ABC keluar di ruang grup, sehingga anggota lain akan mengetahui Anda telah keluar dari grup.

Melalui fitur terbaru dari Whatsapp tersebut, tentu membuat anggota grup tidak mengetahui bahwa Anda telah tidak ada lagi di grup tersebut.

Anda bisa meninggalkan ruang obrolan tanpa ketahuan atau notifikasi. Tidak akan lagi muncul pemberitahuan di ruang chat tersebut.

Cara melihat peserta keluar dari grup sebelumnya

aplikasi Whatsapp

Meski Anda telah keluar dari grup, tapi bukan berarti tidak ada yang mengetahuinya.

Hanya admin grup saja yang akan mendapatkan pemberitahuan bila ada anggota yang keluar dari grup. Jadi, pengguna yang keluar grup tidak benar-benar diketahui oleh siapapun.

Selain itu, anggota lain juga dapat melihat riwayat aktivitas keluar grup, sehingga mereka bisa melihat siapa saja anggota yang telah keluar dari ruang obrolan.

Adapun fitur yang digunakan untuk melihat riwayat ini bisa diakses melalui pilih View Past Participants atau Lihat Peserta Sebelumnya.

Fitur tersebut akan menyajikan informasi anggota yang telah meninggalkan grup baik keluar sendiri atau dikeluarkan dengan durasi 60 hari terakhir. Anda bisa menemukan opsi ini di halaman profil grup di bagian bawah.

Itulah tadi cara keluar grup WA tanpa ketahuan dan notifikasi. Selamat mencoba!

Related Articles