Comscore Tracker
TECH

7 Game Buatan Indonesia yang Menembus Pasar Internasional

Didominasi gim horor, berani untuk memainkannya?

7 Game Buatan Indonesia yang Menembus Pasar Internasionalilustrasi game (unsplash.com/Florian Olivo)

by Surti Risanti

Tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak game (gim) buatan Indonesia. Game buatan tanah air tersebut berhasil mendunia dan mampu bersaing dengan game asing lainnya.

Adapun gim tersebut diterbitkan oleh publisher terkemuka dan menjadi perbincangan di kalangan gamer.

Untuk lebih jelasnya, berikut tujuh game buatan Indonesia yang menembus pasar internasional.

1. Ghost Parade

game Ghost Parade

Game buatan Indonesia pertama yang mendunia adalah Ghost Parade dari Lentera Nusantara. Anda bisa memainkan ini di PC, macOS, Nintendo Switch, PS4, dan lain-lain.

Ghost Parade adalah sebuah game yang mengisahkan tokoh Suri yang harus menjelajah hutan agar bisa pulang ke rumah. Dalam perjalanannya, ia mendapat tantangan. Suri menggunakan kemampuan para hantu untuk menuntunnya.

2. DreadOut

DreadOut

DreadOut adalah salah satu game horor Indonesia dari Digital Happiness, dirilis pada Mei 2014. Permainan menampilkan berbagai hantu Indonesia, seperti sundel bolong, pocong, dan hantu-hantu lainnya.

Gim ini menceritakan tentang Linda, seorang siswi SMA yang tersesat di kota mati dengan guru dan teman-temannya. Saat mencari jalan keluar, mereka selalu diganggu oleh para hantu. 

Untungnya Linda memiliki kekuatan supranatural untuk melawannya dengan menggunakan ponsel.

3. DreadOut 2

DreadOut 2

Digital Happiness kembali melanjutkan sekuel kedua dari gim pertamanya yang diberi nama DreadOut 2 pada 2018.

DreadOut 2 muncul dengan tampilan yang lebih baik dan menggunakan Unreal Engine. Hal ini membuat gameplay gim akan lebih terbuka dibanding sebelumnya.

4. Ultra Space Battle Brawl

game Ultra Space Battle Brawl

Game buatan Indonesia yang menembus pasar internasional selanjutnya adalah Ultra Space Battle Brawl.

Game ini membuat Anda seolah berada di pertempuran dengan asteroid, mirip dengan konsep permainan Pong. Hal ini tentu membawa kesenangan bagi Anda yang memainkannya.

5. Valthirian Arc: Hero School Story

Valthirian Arc: Hero School Story

Gim Valthirian Arc: Hero School Story memiliki tema sekolah pahlawan di dunia Role Playing Game (RPG). Anda bisa merasakan keseruan bermain permainan ini di PC.

Pada game ini, Anda akan ditantang untuk menjadi kepala sekolah. Dalam gim ini, Anda bertugas untuk mengelola aktivitas siswa dan mengelola beberapa fasilitas sekolah.

Siswa yang mendapat predikat sebagai siswa terbaik akan bergabung ke dalam tim dan menjalankan misi yang sangat fantastis.

6. Just Deserts

game Just Deserts

Game buatan Indonesia yang wajib Anda mainkan adala Just Deserts. Ini merupakan sebuah game visual novel yang memiliki banyak cabang cerita di dalamnya, sehingga Anda tidak akan bosan untuk memainkannya.

Pada permainan tersebut, Anda akan berperan sebagai pasukan militer bersama dengan partner Anda lainnya yang terdiri dari lima perempuan. Dalam hal ini, Anda bebas memilih partner Anda tersebut.

7. Motte Island

Motte Island adalah game buatan Indonesia

Apabila Anda menyukai game petualangan bergenre horor, Motte Island harus masuk dalam daftar gim yang dimainkan. 

Pemain akan berperan sebagai pembunuh roh jahat yang menghantui adik perempuan Anda. Adapun jumpscare dalam permainan ini cukup banyak dan mengagetkan. Sensasi tersebut membuat suasana bermain serasa nyata dan mengasyikkan.

Itulah tadi tujuh game buatan Indonesia yang mampu menembus pasar internasional. Anda tertarik untuk memainkannya?

Related Topics

Related Articles