Comscore Tracker
TECH

7 Penyebab iPhone Panas dan Cara Mengatasinya

Harus segera diatasi.

7 Penyebab iPhone Panas dan Cara Mengatasinyailustrasi iphone panas (unsplash.com/Mia Baker)

by Surti Risanti

29 August 2023

Ada beberapa penyebab iPhone panas dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Hal ini harus diatasi segera agar ponsel tidak mudah rusak.

Ponsel yang terlalu panas jika terus dibiarkan, dapat membuat performa perangkat turun drastis dan baterai menjadi cepat terkuras. Bahkan, untuk kasus yang paling ekstrem, HP Anda bisa meledak.

Selain dapat membuat ponsel rusak, iPhone yang panas juga membuat tangan Anda tidak nyaman untuk menggenggamnya. Oleh sebab itu, kondisi seperti ini harus ditangani secepat mungkin.

Untuk membantu Anda, simak penyebab iPhone panas dan cara mengatasinya di artikel berikut ini!

Penyebab iPhone panas

penyebab iphone panasilustrasi penyebab iphone panas (unsplash.com/Alejandro Escamilla)

Agar bisa mengatasinya, tentu Anda harus mencari tahu dulu penyebabnya. Berikut sejumlah penyebab iPhone mudah panas:

1. iPhone digunakan saat sedang diisi daya

Penyebab iPhone panas adalah perangkat digunakan saat sedang diisi daya atau di-charge. Hal ini membuat kinerja perangkat menjadi dua kali lipat.

2. Banyaknya aplikasi yang dibuka secara bersamaan

Membuka banyak aplikasi, seperti Instagram, YouTube, hingga aplikasi game sekaligus dapat membuat ponsel Anda menjadi panas. Hal ini akan membuat kinerja ponsel dua kali lipat dari biasanya.

3. Membuka aplikasi GPS terlalu lama

Penyebab iPhone panas lainnya, yaitu membuat aplikasi GPS atau navigasi terlalu lama. Penggunaan aplikasi ini dapat menyedot data serta baterai Anda. 

4. Digunakan di luar ruangan dengan suhu panas

Hal lainnya yang dapat membuat iPhone cepat panas adalah menggunakan iPhone di luar ruangan yang suhu panas tinggi. iPhone sebaiknya digunakan pada suhu 0–35 derajat Celcius, baik suhu luar maupun dalam ruangan.

5. Streaming video dengan kualitas tinggi

Penyebab iPhone panas lainnya adalah streaming video dengan kualitas tinggi atau HD. Hal ini dapat membuat penggunaan data seluler dan baterai menjadi besar. Terlebih lagi jika Anda streaming video dalam waktu yang cukup lama.

6. Main game terlalu lama

Selain streaming video, bermain game terlalu lama di ponsel juga akan membuat iPhone Anda menjadi panas. Apalagi aplikasi game yang dimainkan secara online.

7. Software iPhone belum update

Penyebab lainnya adalah beberapa software iPhone belum update atau diperbarui ke versi terbaru. Hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja ponsel Anda.

Cara mengatasi iPhone panas

cara mengatasi iPhone panasilustrasi cara mengatasi iPhone panas (unsplash.com/Daniel Gotteswinter)

Related Topics