Comscore Tracker
TECH

Begini Cara Mengirim Bitcoin di Twitter

Fitur kirim Bitcoin Twitter baru berlaku untuk pengguna iOS.

Begini Cara Mengirim Bitcoin di TwitterAplikasi Twitter. (Shutterstock/Sattalat Phukkum)

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Media sosial mulai menawarkan alat monetisasi bagi para kreator, termasuk Twitter lewat fitur Tip miliknya. Yang unik, Anda dapat memberikan tip kepada kreator di Twitter menggunakan kripto.

Anda dapat memberikan tip kepada siapa pun guna menunjukkan dukungan. Yang perlu diingat, memberi tip tidak akan membuat Anda mendapat hak atas konten premium penerimanya.

Mengutip laman blog Twitter, Senin (11/10), layanan pemberian tip di Twitter tersedia bagi para pengguna iOS yang yang berusia minimal 18 tahun. “Tip dalam bentuk uang dan bitcoin dikirim dari Twitter melalui layanan pembayaran pihak ketiga,” tulis platform itu.

Satu catatan lagi, Twitter tak memberlakukan biaya transfer tip, tetapi pihak ketiga mungkin mengenakannya.

1. Cara Mengirim Bitcoin di Twitter

Anda hanya bisa mengirimkan tip jika calon penerima telah mengaktifkan fiturnya serta sudah mendaftarkan nama pengguna di platform pembayaran pihak ketiga. Jika sudah, maka Anda dapat membuka profil pengguna, lalu klik ikon uang.

Jika sudah menekan ikon itu, Anda akan diarahkan ke layanan pembayaran pihak ketiga yang sudah dipilih. Misalnya, ketika mengirim Bitcoin lewat Strike, Anda dapat memilih antara mata uang dalam Satoshi (Sats) atau BTC. Selain itu, Anda juga dapat menyalin dan menempel alamat Bitcoin pengguna ke dompet Bitcoin pilihan.

2. Cara Pilih Penyedia Pembayaran untuk Mengirim Tip Twitter

Anda hanya tinggal membuka profil dan memilih pembayaran pihak ketiga yang tersedia. Sebagai catatan, opsi pihak ketiga itu bergantung pada kebijaksanaan Twitter di tiap negara.

Beberapa contoh pihak ketiga yang terdaftar di Twitter Amerika Serikat (AS), yakni Bitcoin wallet, Strike,  Bandcamp.

3. Jumlah Batasan Tip Twitter

Mengacu pada blog resmi, Twitter tidak membatasi jumlah imbalan yang ingin Anda berikan. Akan tetapi, pihak ketiga yang tunduk pada persyaratan layanannya dapat memberlakukan besaran minimal dan maksimal.

Related Articles