BUSINESS

Biaya Fantastis Untuk Debut Sebuah Grup Idola K-Pop

Debut idola K-Pop mahal karena perinciannya cukup kompleks.

Biaya Fantastis Untuk Debut Sebuah Grup Idola K-PopKonser Blackpink. (ANTARA FOTO/Rianti)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Blackpink, girlband asal Korea Selatan yang jadi bagian dari tren K-Pop di seluruh dunia mengadakan konser sampai dua hari di Indonesia pada Maret 2023, seiring besarnya animo para fans.

K-Pop bukan lagi sekadar hiburan, namun sudah menjadi industri dengan perputaran uang besar, salah satunya dari sisi biaya debut sebuah grup K-Pop, yang terus melonjak signifikan dalam 8 tahun terakhir.

Kemunculan grup idola yang disebut boyband atau girlband baru, seringkali dinantikan penggemar K-Pop di seluruh dunia. Komoditas hiburan ini pun berangsur menjadi sebuah industri raksasa dengan biaya debut cukup besar.

Demi menampilkan grup-grup idola baru dengan keunikan dan kualitas yang optimal, para agensi pun tak ragu untuk merogoh kocek untuk anggaran peluncuran grup tersebut.

Melansir JoongAng Daily, Fortune Indonesia akan mengulas tentang besaran biaya yang dikeluarkan para agensi, untuk menampilkan idola-idola baru K-Pop dan menjalankan industri hiburan ini–baik di dalam negeri maupun di mancanegara.

Biaya debut

idol kpopilustrasi idol kpop (instagram.com/nct127)

Surat kabar asal Korea Selatan ini menuliskan bahwa pada 2015, biaya yang dikeluarkan agensi untuk debut sebuah grup idola baru K-Pop bernilai sekitar 1 miliar Won atau sekitar Rp11,5 miliar (kurs Rp11,5 per Won). Namun dalam waktu kurang dari 10 tahun, peningkatannya bisa dua bahkan tiga kali lipat.

Produser STAYC, Rado, mengatakan dalam sebuah unggahan YouTube, “Jika Anda benar-benar berusaha, Anda membutuhkan setidaknya 2 miliar Won (untuk debut grup idola baru).”

Bahkan, Fantagio, agensi yang menaungi boyband Astro dan gilrband Weki Meki, mengungkapkan pada 2021, telah menginvestasikan 3,18 miliar Won, atau sekitar Rp37,33 miliar untuk memproduksi sebuah girlband baru. Belum lagi, girlband baru SM Entertainment, Aespa–baru debut 2020–didebutkan dengan biaya mencapai 5 miliar Won atau sekitar Rp58,67 miliar, dengan semua avatar digital sampai video musik sinematiknya.

Dengan demikian, semakin besar agensi, maka makin besar juga biaya yang dikeluarkan untuk mendebutkan sebuah grup idola baru K-Pop.

Perincian biaya

YouTube idol NCTilustrasi YouTube idol NCT (youtube.com/nct)

Related Topics