BUSINESS

Jeff Bezos: Keberpihakan pada Kebenaran Menjadi Kunci Keberhasilan

Kebenaran harus tetap diungkapkan meski menyakitkan.

Jeff Bezos: Keberpihakan pada Kebenaran Menjadi Kunci KeberhasilanShutterStock/LevRadin

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

18 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pebisnis dunia, Jeff Bezos, meyakini bahwa landasan dukungan pada ‘pengungkapan kebenaran’ adalah salah satu kunci utama Keberhasilan yang membawanya sukses mendirikan raksasa teknologi Amazon dan usaha luar angkasa, Blue Origin.

Menurutnya, keberanian mengungkapkan kebenaran bisa jadi pembeda yang membawa Perusahaan berhasil. “Organisasi yang berkinerja tinggi harus memiliki mekanisme dan budaya yang mendukung pengungkapan kebenaran,” katanya seperti dikutip dari Fortune.com, Senin (18/12).

Ia sadar, kebenaran seringkali mendatangkan masalah, hingga berujung pada ketidaknyamanan dan membuat orang bersikap defensif. Namun, hal ini harus berani diperjuangkan. Apalagi, dalam sains, semua adalah tentang pengungkapan kebenaran dengan mekanisme yang sangat formal.

Upaya yang dilakukan

descriptionShutterstock/JennLShoots

Salah satu yang ia terapkan dalam perusahaannya adalah dengan membiarkan pegawai junior bicara lebih dahulu sebelum para pegawai senior. “Jika saya berbicara terlebih dahulu, bahkan peserta pertemuan yang berkemauan keras, sangat cerdas, dan memiliki penilaian tinggi (sangat mungkin) akan berpikir bahwa pendapatnya tidak benar,” kata Bezos.

Bezos percaya bahwa para pemimpin harus secara terbuka mendiskusikan kesulitan dalam mengungkapkan kebenaran dengan tim mereka. “Anda harus mengingatkan orang-orang bahwa tidak apa-apa jika hal ini tidak nyaman… bahwa hal tersebut bukanlah hal yang seharusnya kita lakukan sebagai manusia… Kita sebagian besar bertahan hidup dengan menjadi makhluk sosial dan bersikap ramah serta kooperatif,” ujarnya.

Kompromi dan keras kepala

Amazon adalah perusahaan yang didirikan oleh Jeff BezosIlustrasi Amazon (unsplash.com/Bryan Angelo)