BUSINESS

Tarik Pasar Pengguna EV, Lippo Malls Perbanyak Charging Station

Lippo Malls lihat pengguna EV di Indonesia terus meningkat.

Tarik Pasar Pengguna EV, Lippo Malls Perbanyak Charging StationFasilitas charging station yang akan diperbanyak di Lippo Malls. (Fortuneidn/Bayu)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

06 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Lippo Malls Indonesia bakal memperbanyak penempatamm charging station mobil listrik (EV) di 52 mal yang dikelola perusahaan. Cara ini dilakukan  untuk menarik pasar para pengguna dalam negeri yang terus meningkat.

Chief Executive Officer (CEO) PT Lippo Malls Indonesia, Hendry Riady, mengatakan upaya ini dimulai sejak tahun 2021, namun baru tahun ini akan ditingkatkan secara masif. “Di Indonesia, saat ini baru sekitar 4 dari 1.000 (lot parkir). Kami berharap, satu hari bisa 50-60 persen lot parkir itu ada fasilitas charging-nya,” katanya kepada Fortune Indonesia, di Senayan Park Mal, Selasa (6/9).

Adapun, salah satu yang membuat para pengguna EV tertarik untuk mampir dan mengisi baterai kendaraan mereka adalah lokasi yang strategis, seperti di mal. “Visibility-nya harus bagus. Jadi, di Senayan Park ini adalah yang paling tinggi penggunaan charging station-nya. Gampang banget, masuk, stop (isi daya), keluar. Orang makan sambil nge-charge, jadi lokasinya harus bagus,” kata Henry.

Tidak hanya membangun baru, Lippo Malls juga memperbarui yang sudah ada. Dengan lokasi yang mungkin sama, seperti di Lippo Mal Kemang, dengan bay yang berjumlah 4, tapi lokasinya dibuat lebih baik dan terang, sehingga pengguna EV bisa lebih nyaman untuk datang mengisi daya EV di lokasi tersebut.

“Sekarang ini di mal-mal kota besar, charging station EV yang tersedia itu biasanya 6-8 bay, tapi ke depannya mungkin bisa 100-150, pasti dalam waktu dekat. Kalau kita membangun apapun zaman sekarang, kalau tidak mengakomodir EV, susah ya,” ujar Henry. “Kami mau memperbanyak, seiring dengan jumlah EV yang terus meningkat.”

Jadi pionir

Chief Executive Officer (CEO) PT Lippo Malls Indonesia, Hendry Riady.Chief Executive Officer (CEO) PT Lippo Malls Indonesia, Hendry Riady. (Fortuneidn/Bayu)

Melihat tren pengguna EV yang terus meningkat, Lippo Mall ingin menjadi pionir dalam penyediaan charging station EV, khususnya di mal atau pusat perbelanjaan. Henry menilai bahwa saat ini pengguna EV di Indonesia terus meningkat dan membutuhkan semakin banyak area charging station, untuk bisa mengisi daya kendaraannya. Bahkan, Henry yakin bahwa suatu hari pengguna EV di Indonesia akan mencapai 100 persen.

“Kalau kami menjadi yang terdepan dalam penyediaan fasilitas seperti charging station, pasti akan berdampak pada jumlah orang yang berkunjung (ke mal), terutama mereka yang menggunakan mobil EV, yang kebanyakan menengah ke atas. Jadi, secara segmen juga kami sangat mau untuk mereka datang,” ujar Henry.

Target segmen ini, menurutnya bukan yang datang berkunjung hanya untuk makan siang. Mereka biasanya datang di waktu-waktu di luar jam ramai mal, hanya untuk mengisi daya kendaraannya. “Waktu-waktu yang kami masih butuh pengunjung lebih banyak lagi, parkiran juga belum penuh,” kata Henry.

Mal makin ramai

Lippo Karawaci.Lippo Karawaci. (dok. Lippo Karawaci)