BUSINESS

10 Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja 2024

Keterampilan di bidang teknologi mendominasi kebutuhan.

10 Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja 2024Ilustrasi Artificial Intelligence. (Pixabay/geralt)

by Desy Yuliastuti

29 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Dunia usaha semakin mengarah kepada rekrutmen berbasis keterampilan dan pengembangan tenaga kerja, didorong oleh desakan untuk menggali potensi transformasi dari teknologi terkini. 

Pertanyaan krusial muncul: Bagi pencari kerja dan pemberi kerja yang ingin menjamin kesuksesan pada tahun 2024, keterampilan apa yang harus ditekankan?

Melihat perkembangan teknologi, jelas terlihat saat ini kita berada di tahap awal era kecerdasan buatan (AI). Meskipun teknologinya belum sepenuhnya mewujudkan visi utopis tentang dunia tanpa pekerjaan, sebagian besar tenaga kerja tentu tak rela “menyerahkan” jobdesk-nya AI. 

Melansir Forbes, Selasa (28/11), desakan AI dan teknologi menimbulkan kebutuhan akan pengembangan keterampilan yang paling diminati. Secara garis besar, ada dua kategori utama.

Pertama, terdapat keterampilan teknologi yang mencakup pemberdayaan organisasi untuk memanfaatkan potensi maksimal dari teknologi dan peralatan canggih. Kedua, terdapat "soft skill" yang bertujuan untuk memaksimalkan nilai kualitas dan kemampuan manusia yang tidak dapat digantikan oleh mesin.

Untuk mempertahankan eksistensi di dunia kerja berikut ini 10 keterampilan dianggap sangat berharga untuk mengarungi tahun 2024.

1. Generative AI

Munculnya AI generatif seperti ChatGPT digambarkan sebagai “momen iPhone” untuk AI. Hampir dalam semalam, hampir semua orang dapat menggunakannya untuk membuat, mengotomatiskan, dan menghemat waktu dalam kehidupan profesional dan sehari-hari mereka. Namun, kualitas dan kemampuan diperlukan untuk melihat peluang, mengembangkan solusi yang efisien, mengelola perubahan, dan mengatasi implikasi etis. Keterampilan ini akan menjadi salah satu keterampilan yang paling berharga dan banyak diminati sepanjang tahun 2024.

2. Sustainability skills

Dunia usaha menyadari pentingnya memastikan bahwa mereka beroperasi dengan cara yang berkelanjutan dan menimbulkan dampak minimal terhadap lingkungan. Target net zero semakin dipandang sebagai prioritas bisnis yang strategis, dan komitmen terhadap keberlanjutan sering kali dibutuhkan oleh usaha kecil yang ingin bermitra atau bekerja dengan perusahaan dan lembaga pemerintah. Ini berarti bahwa keterampilan dalam mengidentifikasi dan menerapkan solusi ramah lingkungan sangat dihargai dan dibutuhkan ke depannya.