BUSINESS

Q-1 2023, The LEGO Group Lampaui Pencapaian dalam Industri Mainan

Komitmen mencapai nol emisi karbon pada 2050.

Q-1 2023, The LEGO Group Lampaui Pencapaian dalam Industri MainanIlustrasi minifigure Lego sedang mengadakan pertemuan bisnis. Shutterstock/StepanPopov

by Desy Yuliastuti

31 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - The LEGO Group mengumumkan penghasilan selama enam bulan pertama tahun 2023. Penghasilan mencapai DKK 27,4 miliar, tumbuh satu persen dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2022. Penjualan konsumen tumbuh tiga persen mengungguli pasar mainan yang sedang menurun dan berkontribusi pada pertumbuhan pangsa pasar yang kuat.

Laba operasional sesuai dengan ekspektasi, yaitu sebesar DKK 6,4 miliar dibandingkan dengan DKK 7,9 miliar pada kuartal pertama tahun 2022. The LEGO Group terus mengakselerasi investasi untuk inisiatif strategis jangka panjang termasuk manufaktur, digital dan keberlanjutan.

CEO The LEGO Group, Niels B. Christiansen, dalam keterangannya Kamis (30/8) mengatakan pihaknya merasa bangga dengan kinerja, terlebih lagi di tengah enam bulan ini perusahaan mengalami masa-masa yang penuh tantangan dalam industri mainan.

"Permintaan untuk produk kami membuat kami melampaui industri ini dan secara signifikan meningkatkan pangsa pasar. Posisi keuangan kami yang kuat memungkinkan untuk berinvestasi dalam jangka panjang, terutama di bidang-bidang seperti digital, keberlanjutan, dan manufaktur," katanya.

Capaian kinerja keuangan dan pertumbuhan pasar

Dok. The Lego Group

Niels mengatakan, secara keseluruhan kinerja perusahaan berjalan sesuai dengan harapan, setelah tiga tahun berturut-turut mengalami pertumbuhan yang luar biasa.

"Kami berterima kasih kepada rekan-rekan kerja yang telah bekerja keras untuk menginspirasi anak-anak melalui permainan," ujarnya.

  • Tinjauan keuangan

Permintaan yang terus meningkat terhadap produk dan kepercayaan peritel yang kuat turut mendorong pertumbuhan penjualan konsumen. Pendapatan mengalami pertumbuhan sebanyak satu persen seperti yang dilaporkan dan dalam mata uang konstan dibandingkan dengan rekor pendapatan semester pertama pada tahun 2022 meskipun ada dampak dari manajemen persediaan para peritel. Laba bersih sebesar DKK 5,1 miliar dibandingkan dengan DKK 6,2 miliar pada semester pertama tahun 2022. 

Arus kas bebas mencapai DKK 1,1 miliar dibandingkan dengan DKK 3,8 miliar pada periode yang sama tahun lalu dimana hal ini mencerminkan investasi terencana untuk memperluas kapasitas produksi secara global dan meningkatkan teknologi.

  • Kinerja pasar

Penjualan konsumen di pasar-pasar utama yang berkembang seperti Amerika mengalami pertumbuhan, sementara penjualan konsumen di Tiongkok terdampak oleh kembalinya perilaku berbelanja yang lebih lambat dari yang diperkirakan. Perusahaan kami akan terus memperluas jejak ritel dan kehadiran online di Tiongkok pada tahun 2023 dan seterusnya untuk menjangkau lebih banyak anak-anak.

Kinerja portofolio dan merek

Dok. the Lego group