BUSINESS

GIIAS 2023 Gaet 462 Ribu Pengunjung dan 17 Ribu Trip Test Drive Mobil

Beda dari biasanya, GIIAS 2024 dipercepat ke bulan Juli.

GIIAS 2023 Gaet 462 Ribu Pengunjung dan 17 Ribu Trip Test Drive MobilPengunjung padati pameran otomotif GIIAS 2023 / dok. Seven Event

by Ekarina

21 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang diadakan di ICE BSD, Tangerang menjaring total 462.291 pengunjung selama digelar pada 10 Agustus hingga 20 Agustus 2023. Angka ini naik sekitar 20 persen dibandingkan jumlah pengunjung pameran tahun sebelumnya yang mencapai 385.487 pengunjung.

Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO mengungkapkan antusiasme pengunjung terhadap penyelenggaraan GIIAS sangat tinggi. Hal yang menarik menurutnya, karena pengunjung yang hadir merata memenuhi seluruh area pameran, mulai dari area pamer peserta kendaraan penumpang, kendaraan komersial, serta area industri pendukung dipadati pengunjung.

"Tercatat 462.291 pengunjung hadir sepanjang penyelenggaraan GIIAS 2023,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (21/8).

GIIAS 2023 menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, terdiri dari 29 merek kendaraan penumpang, lima merek kendaraan komersial dan 15 merek kendaraan roda dua. Selain itu, hadir pula tiga merek karoseri serta lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung. 

Pada area test drive, tahun ini kendaraan listrik mendapat tantangan khusus untuk membuktikan durabilitasnya dengan melewati water obstacle sejauh 10 meter dan sedalam sekitar 20 centi meter (cm).  Pengunjung mendapatkan kesempatan mencobanya dan menguji ketahanan kendaraan listrik.

"Tahun lalu area EV test track kendaraan listrik di GIIAS efektif membangun pengetahuan tentang kelebihan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai kepada para pengunjung, tahun ini pun tidak berbeda, apalagi para pengunjung dapat mengendarai langsung kendaraan listrik tersebut melewati hambatan air di GIIAS kali ini,” ujar Rizwan.

Sepanjang GIIAS 2023, ada lebih dari 17 ribu trip mobil dan 5 ribu trip sepeda motor dicoba di area Test Drive dan Test Ride  melalui pendaftaran di aplikasi Auto360.

Meski tidak menetapkan penjualan sebagai target pada pameran GIIAS, Rizwan mengatakan pencapaian positif dari GIIAS 2023, menjadi salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia. 

“GIIAS adalah upaya GAIKINDO untuk menunjukkan pertumbuhan dan prestasi industri otomotif Indonesia, dan juga menjadi dorongan untuk pertumbuhannya, melihat antusiasme peserta dan pengunjung pada penyelenggaraan kali ini, kami rasa GIIAS telah memenuhinya dengan baik,” ujarnya.

Pada tahun lalu, jumlah transaksi selama pameran disebut mencapai sekitar Rp14 triliun. Baik pemerintah maupun penyelenggara berharap, ajang pameran tahun ini bisa membukukan transaksi lebih tinggi dari sebelumnya.

Penyelenggaraan GIIAS 2024

Rangkaian GIIAS 2023 masih akan berlanjut di tiga kota lainnya di pulau Jawa. GIIAS Surabaya akan berlangsung pada 20 – 24 September 2023, di Grand City Convex, dilanjutkan dengan penyelenggaraan GIIAS Semarang pada 18 – 22 Oktober 2023, di Marina Convention Center. Rangkaian pameran kendaraan ini ditutup dengan pelaksanaan GIIAS di kota baru, GIIAS Bandung pada 22 – 26 November 2023, di Sudirman Grand Ballroom.

Sedangkan pada 2024, GIIAS akan kembali hadir dengan jadwal penyelenggaraan yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak lagi diadakan pada Agustus, jadwal penyelenggaraan pameran otomotif ini dimajukan menjadi 18– 28Juli 2024 di ICE – BSD City, Tangerang. Hal ini seiring dengan maraknya agenda politik tahun depan, seperti Pemilihan Umum (Pemilu). 

 “Kami akan kembali merencanakan penyelenggaraan GIIAS yang lebih baik lagi ditahun depan, GAIKINDO mengajak seluruh Agen Pemegang Merek (APM) anggota mendukung penyelenggaraan GIIAS tahun depan, dan tentunya kami harap agar para pengunjung terus menjadikan GIIAS agenda wajib para pecinta otomotif Indonesia,” kata Rizwan.