BUSINESS

Mengenal Apa Itu Merger dan Akuisisi, Serta Perbedaannya

Tujuannya sama-sama untuk meningkatkan skala bisnis

Mengenal Apa Itu Merger dan Akuisisi, Serta PerbedaannyaGedung bisnis dan perkantoran (Unsplash/@stumpie10)

by Muhammad Jordy Prayoga

21 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Demi meningkatkan skala bisnis maupun perusahaan, pilihan untuk Merger dan Akuisisi menjadi strategi yang sering digunakan oleh perusahaan untuk memperluas pertumbuhannya. 

Meskipun keduanya sering kali disebut bersama-sama, sebenarnya merger dan akuisisi mewakili pendekatan yang berbeda dalam menyatukan entitas bisnis.

Sebagai contoh, pada tahun 2013 silam, Menteri BUMN Erick Thohir yang kala itu masih menjadi seorang pengusaha, menggemparkan dunia dengan mengakuisisi saham klub sepak bola Inter Milan.

Erick Thohir menjadi penyelamat keuangan Inter Milan pada saat itu karena memang sedang mengkhawatirkan.

Selanjutnya, ada PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah yang merger menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) pada tahun 2021 lalu.

Setelah merger, BSI masuk dalam sepuluh bank terbesar di Indonesia.

Dari kedua contoh kasus di atas, Anda bisa melihat bahwa merger dan akuisisi adalah dua strategi yang berbeda untuk menyatukan dua atau lebih perusahaan.

Untuk mengetahui apa itu merger dan akuisisi secara lengkap, simak artikel berikut ini!

Apa itu merger?

Merger adalah penggabungan dua atau lebih perusahaan untuk membentuk satu perusahaan baru. 

Lalu, seluruh perusahaan yang terlibat dalam penggabungan ini akan kehilangan eksistensinya dan menjadi satu perusahaan baru dengan nama dan identitas yang baru.

Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah contoh merger bank yang berhasil di Indonesia. 

BSI dibentuk pada tanggal 1 Februari 2021 sebagai hasil merger antara tiga bank syariah milik BUMN, yaitu Bank BRIsyariah, Bank Syariah Mandiri, dan Bank BNI Syariah.

Tujuan dari merger ini adalah untuk meningkatkan skala dan daya saing perbankan syariah di Indonesia. 

Benar saja, kini BSI menjadi bank syariah terbesar di Indonesia dengan aset mencapai Rp319,84 triliun pada kuartal III 2023.

Apa itu akuisisi?

Akuisisi adalah pengambilalihan satu perusahaan oleh perusahaan lain. Dalam hal ini, perusahaan yang mengakuisisi akan mengambil alih kepemilikan saham mayoritas dari perusahaan yang diakuisisi. 

Kemudian, perusahaan yang diakuisisi akan tetap ada sebagai perusahaan yang berdiri sendiri, tetapi akan berada di bawah kontrol perusahaan yang mengakuisisi.

Sementara menurut KBBI, akuisisi adalah pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset atau pengambilalihan kepemilikan perusahaan atau aset.

Dalam contoh kasus akuisisi yang dilakukan Erick Thohir, ia berhasil mengakuisisi 70 persen saham mayoritas milik klub sepak bola Inter Milan.

Setelah Anda mengetahui kedua definisinya, mari kenali lebih dalam mengenai perbedaan antara merger dan akuisisi.