BUSINESS

5 Negara Produsen Lithium Terbesar di Dunia!

Australia memimpin dengan selisih yang sangat besar

5 Negara Produsen Lithium Terbesar di Dunia!Ilustrasi baterai Baterai lithium-ion (Unsplash/@varpap)

by Muhammad Jordy Prayoga

06 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Di balik masifnya penggunaan perangkat dan barang elektronik, seperti smartphone, kamera digital, hingga mobil listrik, ada peran litium yang begitu penting.

Litium atau Lithium adalah logam yang digunakan sebagai bahan untuk baterai isi ulang pada benda-benda elektronik tersebut.

Saat ini, permintaan akan litium selalu meningkat seiring dengan perkembangan barang elektronik, termasuk mobil listrik (electronic vehicle/EV).

Alhasil, produksi litium juga terus meningkat demi memenuhi tingginya permintaan pasar. Melalui ulasan ini, Anda akan mengetahui sejumlah negara produsen lithium terbesar di dunia, seperti yang dilansir dari Statista (data Oktober 2023).

1. Australia

Negeri Kanguru menempati posisi pertama sebagai negara produsen lithium terbesar di dunia, dengan torehan hasil produksi mencapai 61.000 metrik ton (MT) pada tahun 2022.

Angka produksi ini meningkat hampir 6.000 MT jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Diketahui, Australia memiliki tambang lithium hard-rock terbesar di dunia, Greenbushes, yang memproduksi 1,34 MT lithium konsentrat pada tahun 2020 dan diprediksi akan mencapai 2,5 MT per tahun pada 2027 mendatang. 

Berdasarkan data GlobalData, produksi lithium Australia diprediksi mencapai 116.240 MT pada tahun 2026, didorong oleh perluasan tambang dan meningkatnya permintaan global.

2. Chile

Beralih ke Benua Amerika Latin, tepatnya negara Chile, yang juga memiliki produksi lithium terbesar kedua setelah Australia.

Angka produksi litium di negara ini juga mengalami peningkatan signifikan, dari 28.300 MT pada tahun 2021 naik menjadi 39.000 MT pada tahun 2022.

Menariknya, Chile memproduksi lithium dari deposit air garam, sementara Australia memproduksi litium dari tambang batuan yang keras.

Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya terdapat beberapa metode pendekatan dalam proses ekstraksi lithium.