BUSINESS

5 Tips Memulai Bisnis Toko Buah Agar Laris Manis

Peluang bisnis yang menjanjikan

5 Tips Memulai Bisnis Toko Buah Agar Laris ManisIlustrasi toko buah (Unsplash/@davidsonluna)

by Muhammad Jordy Prayoga

01 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat membuat kebutuhan akan buah juga semakin besar.

Hal ini pun menjadi sebuah peluang menguntungkan yang bisa Anda coba untuk memulai Bisnis dengan membuka Toko Buah.

Namun, sebelum itu, ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan agar bisnis toko buah bisa bertahan atau bahkan membuka cabang di tempat lain.

Simak beberapa tips memulai bisnis toko buah berikut ini, pemula bisa mencobanya!

Tips memulai bisnis toko buah agar untung berlimpah

Koleksi buah segar (Unsplash/@limamauro23)

1. Riset pasar dan menentukan lokasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset pasar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui potensi pasar buah di daerah Anda, serta kebutuhan dan preferensi konsumen. 

Nantinya, Anda bisa menjual buah-buahan yang memang dibutuhkan pelanggan, alih-alih harus menyediakan semua jenis buah yang akhirnya kurang diminati.

Selanjutnya, pemilihan lokasi bisnis merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan bisnis toko buah. 

Pilihlah lokasi yang strategis, mudah dijangkau, dan memiliki banyak lalu lintas orang. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membuka toko buah di dekat pasar, swalayan, atau pusat perbelanjaan.

2. Carilah pemasok buah berkualitas

Tips memulai bisnis toko buah yang kedua adalah mencari pemasok atau supplier buah segar.

Ini sangat penting mengingat buah adalah produk utama Anda, jadi usahakan untuk menyediakan buah-buah impor maupun lokal berkualitas.

Tentu saja, Anda perlu memulainya dari mencari pemasok buah yang memiliki reputasi yang baik. Pastikan pula bahwa supplier juga dapat memenuhi kebutuhan buah Anda secara konsisten.

3. Promosikan toko buah Anda

Manfaatkan berbagai media promosi, seperti flyer, banner, media sosial, dan sebagainya untuk memberitahu bahwa ada bisnis toko buah Anda di sekitar mereka.

Semakin banyak orang yang mengetahuinya, semakin besar kesempatan mereka untuk menjadi pelanggan ini.

4. Cek kesegaran buah secara berkala dan simpan dengan benar

Kesegaran buah merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Anda perlu memeriksa kesegaran buah secara rutin, dan membuang buah-buahan yang sudah tidak segar. 

Selain itu, sebagai penjual, cara menyimpan buah dengan benar agar tetap segar dan tidak cepat membusuk tentu harus sudah Anda pahami.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan buah dengan benar:

  • Pisahkan buah-buahan yang belum dan yang sudah matang, karena buah-buahan yang matang akan melepaskan gas yang dapat mempercepat pematangan buah-buahan yang belum waktunya matang. Dengan memisahkannya, Anda bisa memperlambat proses pematangannya.
  • Cuci buah-buahan dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan bakteri. Namun, jangan mencuci buah-buahan terlalu lama, karena hal ini dapat menghilangkan lapisan alami yang melindungi buah dari kerusakan.
  • Keringkan buah-buahan dengan kain bersih atau tisu sebelum disimpan, karena buah yang disimpan dalam keadaan basah akan mudah membusuk.
  • Simpan buah-buahan dalam wadah tertutup atau plastik khusus. Wadah tertutup atau plastik khusus akan membantu menjaga kelembapan buah dan mencegahnya dari kontaminasi bakteri.
  • Pisahkan buah-buahan di rak yang berbeda. Buah-buahan yang mengeluarkan gas yang mempercepat pematangan, seperti apel, pir, dan tomat, harus disimpan di rak yang berbeda dari buah-buahan yang sensitif terhadap gas tersebut, seperti pisang, melon, dan anggur.
  • Perhatikan tanda-tanda pembusukan. Biasanya, buah-buahan yang membusuk akan mengeluarkan bau busuk, terlihat berlendir, atau memiliki bintik-bintik hitam. Buanglah buah-buahan yang membusuk untuk mencegah penyebaran bakteri.

5. Berikan pelayanan yang baik

Tips memulai bisnis toko buah yang berikutnya adalah memberikan pelayanan yang baik dan ramah.

Pelayanan yang baik merupakan kunci untuk memenangkan persaingan bisnis. Anda perlu memberikan pelayanan yang ramah, cepat, dan tepat. 

Berikanlah informasi yang akurat kepada konsumen tentang buah-buahan yang Anda jual, misalnya jenis buah atau yang lainnya.

Tak lupa, berikan promo dan diskon yang menarik agar bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan loyal.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan layanan pengantaran dengan syarat dan ketentuan yang telah dibuat, misalnya pembelian dalam nominal tertentu, atau dengan pertimbangan jarak rumah pembeli.

Demikianlah kelima tips memulai bisnis toko buah yang bisa Anda terapkan. Semoga bisa membantu Anda memulai bisnis toko buah dengan keuntungan yang berlimpah!