BUSINESS

Cara Menjalankan Usaha Tambak Udang dan Perhitungan Modalnya

Budi daya udang, bisnis yang turut menyumbang nilai ekspor

Cara Menjalankan Usaha Tambak Udang dan Perhitungan ModalnyaIlustrasi Tambak udang (delosaqua.com)

by Muhammad Jordy Prayoga

08 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Usaha tambak udang menjadi peluang bisnis menjanjikan bagi Anda yang tinggal di pesisir pantai.

Dengan permintaan lokal dan internasional yang terus meningkat, bisnis tambak udang bisa menjadi sumber pendapatan yang stabil dan menguntungkan. 

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui peluang yang ada dalam bisnis tambak udang, rincian modal yang dibutuhkan, serta tips sukses untuk menjalankannya. Jadi, pastikan Anda membacanya hingga akhir.

Prospek bisnis tambak udang

Ilustrasi prospek bisnis (Unsplash.com/Medienstürmer)

Kebutuhan akan udang terbilang sangat tinggi, utamanya di bidang kuliner.

Dalam beberapa tahun terakhir, udang kerap menjadi pilihan bagi para pencinta makanan laut (seafood) karena memiliki rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang lengkap.

Selain itu, bisnis ini juga bisa membuka peluang Anda untuk melakukan perdagangan ke luar negeri (ekspor) jika kualitas hasil produksi dan harganya dapat bersaing dengan pasar global.

Dilansir situs www.indonesia.go.id, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono menerangkan bahwa komoditas udang dari Indonesia sangat diminati oleh pasar global dan menjadikan permintaan udang menempati posisi kedua setelah salmon.

Lebih lanjut, ia juga berharap bahwa komunitas budi daya udang di Indonesia turut berkontribusi lebih besar demi pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan hidup pembudidaya.

Maka dari itu, ini adalah peluang yang sangat terbuka bagi Anda yang ingin meraup keuntungan besar dengan memulai usaha tambak udang.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tambak udang?

Ilustrasi modal (Unsplash.com/Mufid Majnun)