Comscore Tracker
BUSINESS

Erick Thohir Rombak Komisaris Pertamina, Ahok Tetap Masuk

Ada tiga nama baru dalam dewan komisaris Pertamina.

Erick Thohir Rombak Komisaris Pertamina, Ahok Tetap MasukShutterstock/saiko3p

by Pingit Aria Mutiara Fajrin

Jakarta, FORTUNE - Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan Anggota Dewan Komisaris PT Pertamina Persero (Persero). Ada tiga nama baru dalam jajaran Komisaris Pertamina, yakni Heru Pambudi, Ahmad Fikri Assegaf dan Iggi Haruman Achsien.

Sementara itu, jabatan Komisaris Utama Pertamina masih diduduki oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dewan Komisaris baru Pertamina tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-222/MBU/07/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina. Keputusan tersebut ditetapkan pada 2 Juli 2021.

Dalam Surat tersebut, pemegang saham mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Isa Rachmatarwata sebagai Komisaris Perusahaan Perseroan. Posisi itu didudukinya sejak Desember 2019.

Erick juga memberhentikan dengan hormat Condro Kirono sebagai anggota Dewan Komisaris dan David Bingei sebagai Anggota Dewan Komisaris Independen PT Pertamina (Persero). Keduanya menjabat sejak 2019 dan 2020.

Pjs Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, perseroan telah menerima salinan surat keputusan dari pemegang saham mengenai perubahan susunan dewan komisaris itu,

"Kepada ketiga komisaris yang telah berakhir masa jabatannya, Pertamina mengucapkan terima kasih atas segala sumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatannya tersebut," ujar Fajriyah dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (2/7).

Heru Pambudi saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan RI setelah sebelumnya mengabdi sebagai direktur jenderal bea dan cukai Kemenkeu. Sementara, Ahmad Fikri Assegaf memiliki latar belakang hukum dan pernah menjabat sebagai Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia (Persero).

Kemudian, Iggi H Achsien memiliki pengalaman di industri keuangan, terutama di bidang perbankan syariah. Ia pernah menjabat sebagai Komisaris di beberapa perusahaan. Saat ini Iggi merupakan anggota Tim Ahli Wakil Presiden Republik Indonesia dan pada awal tahun 2021, ia menjadi Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2023.

Berikut susunan dewan komisaris Pertamina:

Komisaris Utama: Basuki Tjahaja Purnama

Wakil Komisaris Utama: Pahala Nugraha Mansury

Komisaris: Ego Syahrial

Komisaris: Heru Pambudi

Komisaris: Alexander Lay

Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf

Komisaris Independen: Iggi H Achsien

Dewan direksi Pertamina:

Direktur Utama: Nicke Widyawati

Direktur Penunjang Bisnis: Dedi Sunardi

Direktur Keuangan: Emma Sri Martini

Direktur Sumber Daya Manusia: M. Erry Sugiharto

Direktur Logistik & Infrastruktur: Mulyono

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha: Iman Rachman

Related Articles