BUSINESS

6 Ide Bisnis yang Bisa Dikembangkan di Kawasan Wisata

Bisnis yang cukup menjanjikan!

6 Ide Bisnis yang Bisa Dikembangkan di Kawasan Wisatailustrasi wisatawan (unsplash.com/leo)

by Surti Risanti

26 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat beberapa ide bisnis yang bisa dikembangkan di kawasan wisata. Meski terlihat sepele, tapi peluang usaha berikut cukup menjanjikan untuk mendatangkan cuan.

Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki sejumlah destinasi wisata yang beragam. Banyak lokasi wisata di tanah air yang cukup potensial untuk dikembangkan oleh masyarakat lokal atau pelaku UMKM.

Bagi Anda yang tertarik ingin memulainya, berikut ide bisnis yang bisa Anda coba. Simak daftar selengkapnya!

1. Jasa fotografi

jasa fotografiilustrasi jasa fotografi (unsplash.com/Alicia Steels)

Ide bisnis yang bisa dikembangkan di kawasan wisata pertama adalah jasa fotografi. Anda hanya perlu menyediakan kamera yang bagus, seperti DSLR atau mirrorless. 

Di kawasan wisata ada banyak spot foto yang cocok dijadikan sebagai tempat foto bersama keluarga, saudara, maupun teman. Tentu saja momen kebersamaan tersebut sayang untuk tidak diabadikan. 

Meski bisa mengabadikan menggunakan kamera ponsel, tapi beberapa orang juga ingin memiliki foto yang menarik dan indah. Dalam hal ini, Anda bisa menawarkan jasa yang Anda miliki.

Untuk menarik calon klien, susun portfolio Anda sebaik mungkin. Anda juga bisa bekerjasama dengan layanan travel yang menyediakan paket wisata. 

2. Jasa pemandu wisata

pemandu wisatailustrasi pemandu wisata (unsplash.com/Bernie Almanzar)