Comscore Tracker
BUSINESS

7 Ide Bisnis Musim Hujan yang Menjanjikan, Wajib Dicoba!

Peluang bisnis di musim hujan.

7 Ide Bisnis Musim Hujan yang Menjanjikan, Wajib Dicoba!ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

by Surti Risanti

Apabila Anda pandai dalam memanfaatkan momen, ada beberapa ide bisnis musim hujan yang bisa Anda coba. Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki dua musim, yakni musim panas dan musim hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan Indonesia akan memasuki musim hujan dari September hingga November 2022.

Musim penghujan tahun ini bisa Anda manfaatkan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan membuat bisnis. Ada beberapa ide usaha yang bisa Anda kembangkan yang bisa sangat menguntungkan bila dilakukan di cuaca dingin tersebut.

Berikut ini tujuh ide bisnis musim hujan yang menghasilkan keuntungan berlipat. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Alas kaki tahan air

Sepatu boots perempuan

Ide usaha pertama yang bisa Anda coba adalah berjualan alas kaki tahan air atau sepatu boots. Hal ini sangat dibutuhkan saat melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Agar sepatu yang Anda jual lebih menarik, sediakan berbagai model dan ukuran dari calon pembeli. Pilihlah alas kaki yang memang nyaman saat dipakai dan tidak sakit apabila digunakan untuk berjalan.

Anda bisa menyesuaikan sepatu tersebut apakah untuk laki-laki atau perempuan dengan warna-warna yang menarik. Selain itu, pilihlah alas kaki yang memiliki teknologi antislip agar tidak licin saat dikenakan.

Jasa laundry

Mesin cuci di laundry

Ide bisnis musim hujan selanjutnya adalah jasa laundry. Saat cuaca mendung, sinar matahari menjadi sedikit dan membuat pakaian menjadi susah kering.

Saat seperti inilah jasa laundry sangat dibutuhkan agar pakaian bisa dicuci dan dikenakan tepat waktu. Anda bisa mematok harga per kilogram atau berdasarkan jenis pakaian.

Apabila ingin menekuni usaha ini, Anda harus mempersiapkan modal dari sekarang. Modal tersebut, yakni mulai dari mesin cuci, alat pengering, setrika, hingga alat lainnya yang bisa merawat pakaian pelanggan.

Anda juga bisa menawarkan jasa antar-jemput dan mematok tarif khusus, sehingga pelanggan Anda tidak perlu repot mengantar pakaian kotor ke tempat Anda.

Payung dan jas hujan

Ilustrasi jas hujan

Ide usaha di musim hujan selanjutnya adalah berjualan payung dan jas hujan. Kedua peralatan ini sangat melindungi pakaian menjadi basah akibat hujan.

Anda bisa menjual kepada teman sekantor Anda atau berjualan secara online. Pastikan barang yang Anda jual memiliki kualitas yang baik. Anda juga bisa menyediakan bermacam warna dan model yang menarik perhatian pembeli.

Pakaian hangat

Pakaian hangat sweater

Pakaian hangat menjadi salah satu produk terlaris di pasaran saat musim hujan datang. Pasalnya, produk ini membantu orang untuk menghangatkan tubuh mereka saat cuaca dingin.

Ada berbagai bentuk pakaian hangat, seperti jaket, hoodie, sweater, knitwear dan lainnya. Anda juga bisa menjual item lainnya guna melengkapi pakaian hangat tersebut, seperti syal, topi dan kaos kaki.

Tanaman pengusir nyamuk

Lavender

Tidak banyak orang yang tahu, tetapi produk atau tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi ide bisnis musim hujan yang sangat menjanjikan. 

Kondisi hujan menimbulkan banyak genangan air yang bisa menjadi media berkembang biak nyamuk. Hal ini yang menjadi penyebab jumlah nyamuk lebih banyak dibandingkan musim kemarau.

Momen ini bisa Anda jadikan peluang untuk berjualan tanaman pengusir nyamuk. Ada beberapa tanaman yang bisa Anda pilih untuk dijual, seperti lavender, serai wangi, rosemary, dan lain-lain.

Minuman hangat

Segelas kopi hangat

Anda bisa memanfaatkan momen cuaca dingin saat musim hujan dengan berjualan minuman hangat. Ada banyak minuman yang bisa Anda jual, seperti kopi, teh, wedang jahe, atau ramuan hangat tradisional lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengemasnya dalam bentuk instan dan dijual secara online. Sehingga, pelanggan bisa menyeduh dan minum kapan saja sesuai keinginan mereka.

Camilan

Camilan ringan

Rasa lapar kian meningkat saat hujan datang. Walau begitu, mungkin beberapa orang tidak ingin makan makanan berat dan hanya ingin mengganjal perut saja. Ide bisnis camilan bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Itulah tadi tujuh ide bisnis musim hujan yang menjanjikan. Tertarik untuk mencoba memulainya?

Related Articles