Comscore Tracker
BUSINESS

Komoditas: Pengertian, Klasifikasi, dan Jenisnya

Berkaitan dengan kebutuhan pangan.

Komoditas: Pengertian, Klasifikasi, dan Jenisnyailustrasi komoditas (unsplash.com/Nrd)

by Surti Risanti

Apabila Anda mendalami bidang ekonomi, komoditas adalah istilah yang sudah sangat familiar didengar.

Mungkin beberapa dari Anda mengaitkan komoditas dengan kebutuhan makanan sehari-hari. Sederhananya, komoditas merupakan produk atau barang yang diperjual belikan.

Untuk lebih jelasnya, berikut artikel lebih lanjut mengenai pengertian, klasifikasi, dan jenis komoditas.

Pengertian komoditas

Pertambangan batu bara

Komoditas berasal dari bahasa Inggris commodity’yang berarti 'bahan baku atau produk pertanian primer yang dapat diperjualbelikan, seperti tembaga atau kopi'. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komoditas adalah sebuah barang kebutuhan pokok, komersial, serta dapat diklasifikasikan sesuai dengan standar internasional.

Secara umum, komoditas adalah barang dasar yang digunakan dalam perdagangan. Bahan baku atau barang dasar ini dapat dipertukarkan dengan barang lain dari jenis yang sama. Komoditas sering digunakan sebagai input dalam produksi barang dan jasa lain.

Beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian komoditas sendiri adalah benda berwujud yang bisa ditransaksikan, mudah untuk disimpan, dipindah tangankan ataupun ditukar dengan produk lainnya.

Klasifikasi komoditas

komoditas pertanian

Komoditas terbagi ke dalam dua klasifikasi. yaitu komoditas keras dan komoditas lunak. Keduanya pun memiliki perbedaan. Berikut adalah rincian mengenai klasifikasi komoditas:

Komoditas keras

Komoditas keras merupakan sebuah produk yang berasal dari alam. Jenis komoditas ini meliputi barang-barang yang bersifat energi, yakni ulai dari minyak bumi, logam, serta gas alam.

Adapun dikatakan komoditas keras karena produk yang dihasilkan berasal dari sumber daya alam pertambangan.

Komoditas lunak

Berbeda dari komoditas keras, komoditas lunak adalah komoditas yang didapatkan dari hasil perkebunan, pertanian, maupun peternakan.

Perubahan harga dari komoditas lunak tidak bisa diprediksi atau dapat terjadi secara tiba-tiba. Adapun penyebab dari fluktuasi harga komoditas lunak dikarenakan kondisi alam, seperti cuaca, iklim, serangan hama dan penyakit, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis komoditas

Peternakan sapi

Setelah Anda mengetahui mengenai klasifikasinya, komoditas terbagi kedalam empat jenis, di antaranya pertambangan, pertanian, energi, dan peternakan. Di bawah ini adalah penjelasannya:

Komoditas pertambangan

Jenis komoditas ini merupakan produk yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan bisa ditukarkan. 

Adapun produk ini berasal dari sedimen permukaan bumi maupun bawah air. Komoditas yang dihasilkan berupa logam dan batuan.

Komoditas pertanian

Komoditas pertanian berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari. Meliput tanaman pangan, budidaya, sayuran, dan lainnya.

Tak hanya itu, produk yang dihasilkan dari komoditas pertanian dapat berupa pohon buah-buahan, hasil hutan, perikanan dan hortikultura. Untuk budidaya sendiri dapat berupa kolam, keramba, dan bentuk lainnya.

Komoditas energi

Komoditas energi juga berasal dari eksploitasi dan kegiatan produksi dari pertambangan. Sekilas terlihat mirip dengan jenis komoditas pertambangan, tetapi terdapat perbedaan.

Adapun perbedaannya terletak di tujuan penggunaan produk tersebut. Produk pertambangan berupa logam yang diolah kembali menjadi bentuk produk lainya. Sedangkan, komoditas energi nantinya akan berbentuk bahan bakar.

Adapun bentuk dari komoditas energi, yakni minyak mentah, bensin, batubara, serta solar. Dalam memperdagangkan komoditas ini, biasanya menggunakan satuan barel atau ton.

Baca jugaPemerintah Siapkan 11 Komoditas ke Cadangan Pangan, Termasuk Telur

Komoditas peternakan

Komoditas peternakan mencakup berbagai sektor peternakan yang ada. Produk yang diperdagangkan dari jenis komoditas ini berupa hewan ternak.

Hewan ternak yang umumnya di Indonesia, seperti sapi, bebek, ayam, kambing, ikan, dan hewan lainnya. Untuk harganya juga bervariasi, tergantung dari jenis dan kualitas hewan itu sendiri.

Selain itu, komoditas peternakan bisa berupa olahan yang berasal hewan ternak itu sendiri. Produk dari jenis komoditas ini mulai dari daging, susu, telur, ataupun pakan hewan.

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa komoditas adalah barang yang dapat diperjual belikan atau ditukarkan dengan komoditas lainnya. Adapun produk yang diperdagangkan lebih kepada produk harian ataupun kebutuhan sehari-hari.

Related Topics

Related Articles