BUSINESS

Ini Deretan Bisnis Tommy Winata atau TW

Apa saja deretan bisnis Tommy Winata atau TW?

Ini Deretan Bisnis Tommy Winata atau TWCristiano Ronaldo dan Tomy Winata. (Sumber gambar dari Artha Graha Peduli Foundation - Jakarta Indonesia)
18 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Apa saja deretan bisnis Tommy Winata, pengusaha yang belakangan ini disoroti? Adapun, namanya banyak disebut seiring dengan ramainya pemberitaan terkait Proyek Rempang Eco-City di Pulau Rempang, Kepulauan Riau.

Tommy Winata merupakan pebisnis yang memiliki usaha di berbagai sektor. Salah satunya, PT Makmur Elok Graha (MEG), yang berkaitan dengan area tersebut. Dikutip dari Joblum, platform lowongan pekerjaan, MED merupakan perusahaan properti pengelola Kawasan Pulau Rempang, Kota Batam dengan proyeksi mixed-use development untuk industri, agrobisnis, komersial, pariwisata, konservasi, hutan dan sustainable, serta monumen sejarah dan museum.

Lebih lanjut, MEG juga merupakan bagian dari Artha Graha Network (AG Network), dikutip dari IDN Times. AG Network sendiri menaungi beragam sektor bisnis, dari keuangan, industri, telekomunikasi, komersial, sampai perhotelan.

Adapun, berikut ini informasi seputar deretan bisnis Tommy Winata, dikutip dari berbagai sumber.

Deretan bisnis Tommy Winata

  • Properti

PT MEG, salah satu gurita bisnis Tommy Winata, memiliki investasi jangka panjang di Pulau Rempang. Dilansir dari situs web Kemenko Perekonomian, keseluruhan pelaksanaan investasi PT MEG di sana berjumlah Rp381 triliun sampai dengan 2080. Dengan proyek itu, perusahaan diperkirakan dapat mempekerjakan 306.000 orang.

Lebih lanjut, berdasarkan informasi pada peluncuran Program Pengembangan Kawasan Rempang KPBPB Batam, Provinsi Kepulauan Riau pada 12 April lalu,  investasi yang dimaksud meliputi bidang industri manufaktur dan logistik, industri menengah, kawasan perumahan dan perdagangan jasa terintegrasi, serta kawasan pariwisata terintegrasi.

AG Network pun punya banyak gedung, khususnya di kawasan SCBD. Beberapa di antaranya: Signature Tower Jakarta, SCBD, gedung Bursa Efek Indonesia, Equity Tower, Artha Graha Building, 18 Parc Place SCBD, Capital Residence, SCBD Suites, dan Menara Global.

  • Telekomunikasi

Yang kedua adalah bisnis telekomunikasi, yakni PT Artha Telekomindo atau Arthatel, yakni penyedia layanan dan solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan cabang di SCBD. Dilansir dari laman resmi Artha Graha, Arthanet telah bermitra dengan Thales eSecurity dan Entrust. 

Selain itu, stasiun televisi swasta JAKTV juga berada di bawah naungan Artha Graha, bisnis dari Tommy Winata. JAKTV sendiri memulai siarannya pada Oktober 2004 dalam sebuah uji coba. Lalu baru diresmikan pada Oktober 2005.

  • Keuangan

Di bidang keuangan, Tommy Winata memiliki tiga bisnis di bawah Grup Artha Graha, yakni: AG General Insurance, Graha Sentosa Memorial Park, dan Bank Artha Graha Internasional.

  • Industri

Untuk sektor industri, Tommy melalui AG Network mempunyai deretan perusahaan, yang terdiri dari: PT Sumber Agro Semesta, PT Multiagro Pangan Lestari, PT Harmoni Nirwana Lestari, PT Danatel Pratama, Artha Industrial Hill, Kiara Artha Park, dan Pasifik Agro Sentosa.

Demikian sejumlah deretan bisnis Tommy Winata.

Related Topics