Comscore Tracker
FINANCE

5 Strategi Kendalikan Inflasi yang Disusun Oleh Pemerintah dan BI

Inflasi dikhawatirkan bakal meningkat.

5 Strategi Kendalikan Inflasi yang Disusun Oleh Pemerintah dan BISejumlah pedagang menata sayur dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (2/2/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Harga komoditas hingga pangan yang tinggi dikhawatirkan menyebabkan inflasi tinggi di Indonesia. Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) pun menyusun sejumlah strategi untuk mengendalikan laju inflasi tahun ini.

“Jika dibandingkan dengan beberapa negara lain yang mengalami peningkatan inflasi, capaian inflasi Indonesia tergolong cukup terkendali dan patut kita syukuri, di tengah tingginya tekanan baik sisi supply maupun demand akibat pandemi Covid-19,” tutur Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis, Kamis (10/3).

Inflasi selama 2021 terkendali pada level yang rendah dan stabil, yaitu 1,87 persen secara tahunan.

5 strategi kendalikan inflasi

Dalam kesempatan yang dihadiri Tim Pengendalian Inflasi Pusat (HLM TPIP), Gubernur Bank Indonesia, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, Menteri Perhubungan, Wakil Menteri Keuangan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Direktur Utama BULOG, dan pejabat eselon I dan/atau setingkat perwakilan Kementerian/Lembaga anggota TPIP itu, pemerintah dan Bank Indonesia menyepakati lima langkah strategis untuk memperkuat pengendalian inflasi. Langkah strategis tersebut ditujukan untuk tetap konsisten menjaga inflasi dalam kisaran sasaran 3,0±1 persen pada 2022.

Langkah-langkah strategis tersebut mencakup:

  1. Memperkuat koordinasi kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong momentum pemulihan ekonomi nasional.
  2. Memitigasi dampak upside risks antara lain dampak normalisasi kebijakan likuiditas global dan peningkatan harga komoditas dunia terhadap inflasi dan daya beli masyarakat.
  3. Menjaga inflasi kelompok bahan pangan bergejolak (volatile food) dalam kisaran 3,0-5,0 persen. 
  4. Memperkuat sinergi komunikasi kebijakan untuk mendukung pengelolaan ekspektasi inflasi masyarakat.
  5. Memperkuat koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pengendalian inflasi melalui penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2022 dengan tema: Digitalisasi UMKM Pangan untuk Akses dan Stabilisasi Harga.

IHK harus tetap terjaga

Sinergi kebijakan yang ditempuh pemerintah dan Bank Indonesia melalui implementasi berbagai inovasi program untuk menjaga stabilitas pasokan dan kelancaran distribusi di masa pandemi diharapkan dapat menjaga inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK).

Upaya tersebut diharapkan dapat semakin mendorong peningkatan daya beli masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional di tengah meningkatnya risiko global.

“Penguatan program kerja dan strategi kebijakan pengendalian inflasi di pusat - daerah, maupun sinergi komunikasi kebijakan menjadi strategis dalam mendukung pencapaian inflasi nasional tetap terkendali di tengah risiko-risiko yang dihadapi,” ujar Airlangga.

Related Articles