FINANCE

Klaim Asuransi Umum Melonjak 36% di 2022, Ini Penyebabnya 

Rasio klaim asuransi capai 46,3%.

Klaim Asuransi Umum Melonjak 36% di 2022, Ini Penyebabnya Ilustrasi Asuransi/Dok. unsplash.com/@vladdeep
01 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat pembayaran klaim industri asuransi umum sampai akhir 2022 mencapai Rp41,7 triliun. Nilai tersebut tumbuh signifikan sebesar 36,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021 yang hanya mencatatkan Rp30,1 triliun . 

"Kenaikan klaim ini terjadi hampir semua lini usaha Asuransi, tertinggi terjadi pada klaim Asuransi kredit sebesar 65,3 persen dan Asuransi Harta Benda sebesar 42,5 persen," kata Wakil Ketua AAUI untuk Bidang Statistik & Riset Trinita Situmeang melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Rabu (1/3).
 

Rasio klaim asuransi capai 46,3%

Klaim asuransi mobil akibat tabrakan
ilustrasi klaim asuransi mobil akibat tabrakan (pexels.com/pixabay)

Trinita menambahkan, pertumbuhan yang kuat didorong oleh situasi ekonomi dalam negeri yang sudah mulai membaik pasca dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

"Pencabutan PPKM sangat bedampak pada pertumbuhan premi industri asuransi Indonesia khususnya industri asuransi umum," katanya. 

Di sisi lain, rasio klaim pada tahun 2022 tercatat sebesar 46,3 persen. Rasio tersebut meningkat jika dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 39,3 persen. Meski demikian, Ia menyebut masih terdapat lini usaha yang mencatatkan penurunan klaim yaitu Asuransi Aviation, Asuransi Liability, Asuransi Surety Ship, dan Asuransi Energy On Shore. 

Premi reasuransi rumbuh 7,3%

Ilustrasi Asuransi
Google

Related Topics